Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pencari kerja di Kota Palembang yang berkeinginan untuk mengikuti tes pada pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berdampak pada melonjaknya pencari kerja mengurus pembuatan Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) di Polresta Palembang, Rabu (19/9).

Berdasarkan pantauan, sejak pagi ratusan orang mulai terlihat mengantre untuk pembuatan SKCK di halaman Polresta Palembang. Mereka bergantian untuk mengisi data SKCK di meja yang dipersiapkan oleh petugas Polresta Palembang.

Tak heran, terlihat juga beberapa orang harus pulang. Lantaran, banyaknya yang sudah mengantre sejak pagi hingga siang hari.

Banyaknya warga yang ingin mengurus pembuatan SKCK sejak pagi membuat banyak pemohon mengurungkan niat dan membatalkan untuk membuat SKCK pada hari itu.

“Mungkin besok saya akan ke sini lagi, kebetulan tidak terlalu jauh dari rumah,” katanya saat ditemui di Polresta Palembang, Rabu (19/9).

Pembuatan SKCK salah satu persyaratan wajib untuk ikut dalam seleksi CPNS dan BUMN. Artinya, mau tidak mau harus membuat persyaratan tersebut.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polresta Palembang, Kompol Mario Ivanry mengakui jika pembuatan SKCK terhitung hari ini sangat melonjak tajam. Bahkan, mencapai sekitar 70 persen dari hari biasanya.

“Saya tidak tau persis angkanya tapi meningkatnya itu drastis,” katanya.

Menurutnya, peningkatan ini dikarenakan dibukanya seleksi CPNS yang informasinya per hari ini, Rabu (19/9). Karena itu, pihaknya bakal menambah waktu operasional petugas untuk pembuatan SKCK sehingga masyarakat merasa tidak terhambat.

Pertambahan waktu ini disesuaikan situasional. Jika memang padat maka akan diperpanjang. “Pokoknya kami akan layani semaksimal mungkin,” tutupnya.