ishjaDetak-Palembang.com PALEMBANG – Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumatera Selatan, memastikan akan siap ambil bagian dalam mensukseskan Asian Games 2018 mendatang. Pasalnya, berkaca dari pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 silam, PDBI Sumsel terbilang sukses berkontribusi dalam mensukseskan event olahraga Asia Tenggara itu.

“PDBI Sumsel kembali ingin ambil bagian dalam Asian Games 2018 nanti,” ungkap Ketua PDBI Sumsel Maulan Aklil saat pembukaan Event drum band di Palembang Indah Mall (PIM), Sabtu (19/11).

Menurut  Maulan, Asian Games masih menyisakan waktu selama satu tahun lagi. Pembukaan Asian Games rencananya digelar di Jakarta dan Palembang penutupan, PDBI Sumsel akan siap bila diminta mengerahkan marching band.

“Kita siap sukseskan Asian Games 2018, kita juga akan perbanyak event sebelum waktu itu tiba,” ucap pria yang menjabat PDBI Sumsel untuk periode kedua ini.
Apalagi saat ini, kata Maulan, kepengurusan PDBI Sumsel sudah menyentuh seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

“Seluruh kabupaten/kota sudah punya kepenggurusan PDBI, mereka orang-orang yang benar-benar cinta akan seni ini,” ucapnya.

Maulan menambahkan, Event drum band ini ke depan akan lebih banyak lagi, tak hanya terpusat di kota tapi sampai kabupaten/kota.

Namun tantangan harus dihadapi para penggurus, karena cabang olahraga ini butuh biaya yang besar, satu tim bisa beranggotakan 50-100 orang, tentu butuh biaya yang besar.

“Kita tidak mau memaksakan soal anggaran pada pihak manapun, setiap penggurus diharapkan bekerja lebih kreatif untuk mendapatkan suntikan dana,” tegasnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki saat membuka Event drum band tingkat pelajar ini mengatakan, marching band di Sumsel harus tumbuh lebih subur lagi. Bukan hanya jumlahnya yang banyak, namun harus berprestasi baik di tingkat regional ataupun nasional.

“Marching band seni yang sangat digemari pelajar, anak muda, bahkan orang dewasa, teruslah majukan drumb band di Sumsel,” pesannya.