Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebanyak 78 orang calon Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah melakukan tes kesehatan di RSUP Dr.Mohammad Hoesin Palembang mulai hari ini (11/01) hingga 3 hari kedepan. Dijadwalkan pada hari ini semua paslon melakukan tes kesehatan rohani / psikologi secara bersamaan , kemudian hari berikutnya akan diatur sesuai dengan jadwal untuk mengikuti tes kesehatan jasmani di Graha Eksekutif RSMH Palembang.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat KPU bahwa RSMH sebagai RS Vertikal , Kelas A Kementerian Kesehatan RI telah memenuhi syarat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, sebanyak 30 orang tim dokter dari berbagai macam spesialisasi dilibatkan,” demikian dikatakan Direktur Utama RSMH Dr.Mohammad Syahril,Sp.P,MPH membuka acara.

Dalam kesempatan itu pula ditayangkan video profil RSMH Palembang, hal ini dimaksudkan untuk dipahami bahwa RSMH tidak hanya dimiliki oleh masyarakat kota Palembang, namun juga seluruh masyarakat se-Sumatera Selatan, agar setiap calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah ini memandang issu kesehatan sebagai hal yang penting karena untuk membangun masyarakat cerdas, kata dr.Syahril lagi.


Hadir pada kesempatan itu pula Direktur Medik dan Keperawatan DR.dr.H.M.Alsen Arlan,Sp.B-KBD,MARS, Ketua KPU Wilayah Sumatera Selatan H.Aspahani,SE,MM,AK,CA beserta komisioner , Ketua HIMPSI DR.Muhammad Uyun, Kepala Bidang Pelayanan Medik dr.Rizal Sanif,Sp.OG , Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan dr.Julius Anzar beserta tim dokter dan lainnya.

Dijadwalkan bahwa , pemeriksaan kesehatan akan berlangsung hingga tanggal 14 Januari 2018, tanggal 15 Januari hasil pemeriksaan akan diplenokan, hingga tanggal 16 Januari KPU menerima hasil pemeriksaan apakah  calon memenuhi syarat atau sebaliknya. Hasil pemeriksaan kesehatan nantinya bersifat final dan tidak ada pembanding, serta  tidak ada intervensi dari siapapun atau  pihak manapun.

Siapapun yang terpilih nantinya sebagai pemimpin adalah mereka yang memenuhi syarat mampu secara rohani dan jasmani , semoga amanah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dan dapat membangun daerah yang dipimpinnya kearah yang lebih baik lagi.