Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Sidang Paripurna ke XLII (42) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (DPRD Prov Sumsel) dengan agenda Penyampaian Laporan hasil Pembahasan dan Penelitian Pansus-Pansus terhadap Raperda Prov. Sumsel Permintaan Persetujuan dari Anggota secara Lisan oleh Pimpinan Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Pendapat Akhir/Sambutan Gubernur Sumsel terhadap Raperda Prov Sumsel di Ruang Rapat Paripurna, Selasa (03/04).

Sidang Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumsel, Chairul S. Matdiah  dan 47 Anggota DPRD Sumsel dari 69 Anggota DPRD, juga dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin.

Pansus I yang diketuai oleh Budiarto Marsul,    hasil laporan dan penelitian tentang Raperda Pedoman Pengelolaan Barang Milik Pemerintah Provinsi Sumsel yang dibacakan oleh Lindawati Syaropi menyampaikan menyetujui Raperda tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Pemerintah Provinsi Sumsel untuk ditetapkan menjadi Perda.

Pansus II yang diketuai oleh Ahmad Bastari hasil laporan dan penelitian tentang Raperda Fasilitas dan Kemudahan pajak daerah dan Retribusi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api yang dibacakan oleh Gani Subit menyampaikan dapat menerima dan memahami Raperda tersebut untuk ditetapkan menjadi Perda.

 

Pansus III yang diketuai oleh Holda hasil laporan dan penelitian Raperda tentang Retribusi Jasa Usaha yang dibacakan oleh Ardani Awam menyampaikan dapat memahami dan sependapat Raperda Retribusi Jasa Usaha untuk ditetapkan menjadi Perda.

Pansus IV yang diketuai oleh RA. Noeringhati hasil laporan dan penelitian Raperda  tentang perubahan Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) menjadi PT. Sumsel Energi Gemilang yang dibacakan oleh M.Subhan       menyampaikan perlu perpanjangan waktu karena menunggu :

1. laporan keuangan secara detail dari PDPDE.

2. Akan dikonsultasikan kepada Kementerian Dalam Negeri.

3. Perlu revisi terhadap Raperda ini karena menyangkut peran penerintah terhadap perusahaan daerah tersebut

Pansus V yang diketuai oleh M.Gantada hasil laporan dan penelitian Raperda tentang Tugas Belajar dan Beasiswa, Raperda tentang Program Sekolah Gratis yang dibacakan oleh Ike Mayasari menyampaikan dapat memahami terhadap hasil penelitian Raperda dan dapat disahkan menjadi Perda

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan dalam pendapat akhir terhadap Raperda mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPRD Sumsel.