Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ribuan Dokter Ahli Bedah Indonesia berkumpul di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Senin (2/4), dalam rangka Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Ahli Bedah Indonesia (PABI) dan Pengukuhan Ahli Bedah dengan tema “Peningkatan Mutu Profesional Ahli Bedah dalam Kepengurusan PABI 2018-2021.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan memukul gong secara simbolis. Kali ini gubernur didampingi Ketua Umum PP PABI Urif Murtedjo, Ketua Pelaksana Kongers Nasional (PABI) Firmansyah serta pengurus Kongres Nasional lainnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumsel Alex Noerdin tak lupa mengucapkan selamat datang kepada para peserta PABI di Palembang Ibu Kota Provinsi Sumsel, yang juga tuan rumah Asian Games 2018. Sebelum pulang ke daerah masing-masing, Gubernur Alex Noerdin berpesan untuk menikmati kuliner khas Kota Palembang seperti mie celor, pempek, martabak har seperti jangan lupa membeli oleh-oleh khas yaitu Songket Palembang.

Gubernur Alex Noerdin bahkan tidak menyianyiakan kesempatan ini untuk mensosialisasikan Asian Games yang  tinggal hitungan hari. Gaya yang khas saat memberikan paparan yak urung membuat peserta kongres terpukau.

Di hadapan ribuan dokter yang tergabung dalam  PABI  Alex mengupas tentang banyak hal mulai dari pembangunan infrastruktur, progres persiapan Asian Games hingga keberhasilan Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Kenapa Palembang di pilih menjadi tuan rumah Asian Games? Gubernur Alex Noerdin menyatakan ada satu hal yang menjadi dasar utama, dan alasan utama Sumsel terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, karena Sumsel merupakan daerah zero konflik. Bahkan diakuinya hingga kini Alhamdulilah tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama di Sumsel.

Dia juga menuturkan bahwa Asian Games itu bukan tujuan, melainkan sebagai alat mencapai tujuan. Apa tujuannya? Alex mengatakan adalah pembangunan infrastruktur.

“Kita mendapat empat ruas jalan tol, Light Rail Transit (LRT), Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan lainnya. Insyallah kalau semua selesai Palembang akan menjadi kota tercantik di Indonesia,”ungkapnya disambut dengan tepuk tangan oleh para peserta kongres.

Sementara, menanggapi kegiatan Kongres Nasional PABI dan persiapan Asian Games 2018, salah satu peserta Dokter Ahli Bedah yang berasal dari Provinsi Jawa Barat Yuda menilai kongres Nasional ini bagus, meriah dan berjalan lancar.  Yuda bahkan mengakui paparan Gubernur Alex Noerdin sangat bagus sekali. Menurutnya, cara mempromosikan Asian Games ke kancah Nasional dan Internasional patut diacungi jempol. “Saya mendengar paparan apalagi mempromosikan Asian Games sangat bagus sekali sehingga Sumsel kini terkenal di Dunia,”ujar saat diwawancara.

Hal yang sama juga diungkapkan Dokter Ahli Bedah Wiargitha Ketut yang berasal dari Provinsi Bali. Menurutnya  paparan Gubernur Alex Noerdin hebat sekali. Dirinya bahkan juga mengaku terpukau setelah melihat progres mulai dari infrastruktur bahkan persiapan venue yang ditampilkan dalam video progres Asian Games. Dia juga mengatakan beberapa waktu lalu pernah berkunjung ke Jakabaring dengan melihat langsung venue-venue persiapan Asian Games 2018.

“Wah luar biasa sekali, saya waktu itu pernah liat langsung ke Jakabaring. Saya melihat Venue-venue persiapan Asian Games sangat luar biasa, tidak ada daerah di satu area seperti di Jakabaring,” pungkasnya.