Detak-Palembang.com PALEMBANG – Panwaslu Kota Palembang, Siagakan 3000 personil untuk mengawasi pemungutan suara dan penghitingan suara. Kesiapan ini ditunjukkan Panwaslu Kota Palembang dalam apel siaga bersama Panwaslu,Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian pemerintah kota Palembang yang diwakili Kepala Kesbangpol dan Sat Pol PP.

Dalam Apel siaga di stadion Kamboja, Minggu (24/6) ini M. Taufik Ketua Panwaslu Kota Palembang menginstruksi agar seluruh anggota Panwas, baik di tingkat Kecamatan sampai ke tingkat TPS, untuk lebih meningkatkan pengawasan. Mulai dari sekarang hingga proses pemungutan dan penghitungan suara selesai.

“Kita semua harus mengawal dan mengawasi proses, mulai dari distribusi surat suara, pemungutan sampai ke perhitungan,”tegas Taufik.

Ia juga berpesan kepada seluruh Penwas untuk selalu melakukan patroli di wilayahnya masing – masing, dan mulai hari ini jangan bersantai – santai.

“Semua kelengkapan di TPS harus diperiksa, bila ada kurang waktu pencoblosan bisa di tunda sampai semuanya lengkap. Dan mari semua APK kandidat kita bersihkan,”jelasnya.

Dilain itu, Ketua KPU Palembang Syarifuddin mengatakan, Tahapan demi tahapan telah dilaksanakan sampai ke hari pemilihan tanggal 27 Juni.

“Sekarang ini berlangsung distribusi logistik.  H-1 berada di TPS masing masing. Dan pelaksanaan dilakukan mulai pukul 7 pagi, pagi masyarakat yang masuk DPT Tambahan dapat melakukan pilihan pukul 12 sampai pukul 1,”jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Palembang Wahyu Bintono mengajak, seluruh masyarakat Palembang untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

“Palembang jadi tuan Asian Games, mari kita bekerjasama, jangan sampai ada kerusuhan dalam pilkada nanti,”harapnya.

Apel siaga ini ditutup dengan pelepasan buang merpati sebagai simbol perdamaian yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Sumsel, Junaidi.