Detak-Palembang.com PALEMBANG – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P., memimpin Apel Komando Operasi (Koops) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dalam rangka Pengamanan Asian Games XVIII Tahun 2018 yang digelar di Lapangan Griya Agung Jln. Demang Lebar Daun, Pakjo – Palembang, Jum’at (3/8/2018).

Kegiatan apel kesiapsiagaan Komando Operasi Karhutla ini dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara, Kepala BNBP dan beberapa pejabat baik dari TNI, Polri dan FKPD Sumsel lainnya.

Dalam Apel yang dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan Komando Operasi dalam pengamanan menyongsong penyelenggaraan Asian Games ini melibatkan ribuan personel baik dari TNI, Polri maupun dinas-dinas terkait lainnya.

Setidaknya sekitar 1.510 personel yang turut dalam apel ini, antara lain; pasukan dari Kodam II/Swj (Korem 044/Gapo) 5 SSK, Polda Sumsel 3 SSK, Lanud Palembang 2 SST, Lanal Palembang 2 SST, BPBD Sumsel 2 SST, DPK dan PB Kota Palembang 2 SST, Satpol PP Prov. Sumsel 2 SST, RPK Dinas Perkebunan Sumsel/RPK Perusahaan Perkebunan 1 SSK, RPK Perusahaan HTI Dishut/Prov. Sumsel/Polhut 1 SSK, Diskes Prov. Sumsel 1 SST, Dinas Sosial Prov. Sumsel (TAGANA) 2 SST, Balai PPI dan Karhutla/Manggala Agni 2 SST dan Rimbawan Dinas Kehutanan sebanyak 2 SST.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa, ancaman kabut asap menjadi fokus Panglima TNI terutama di Sumsel yang dapat menjadi hambatan dalam penyelenggaraan event berskala Internasional, yaitu Asian Games 2018 di Palembang.

“Kita berupaya dalam kegiatan Asian Games nanti tidak ada gangguan, hambatan dan ancaman. Asap tidak hanya mengganggu Asian Games, tetapi asap juga akan menimbulkan penyakit. Dan tentunya akan menjadi cemooh seluruh peserta yang mengikuti kurang lebih 45 negara”, ungkap Panglima TNI.

Untuk itu, saya Panglima TNI mengajak seluruh komponen bangsa untuk sama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bergabung dan bekerja sama dalam mendukung mensukseskan Asian Games 2018.