Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., memimpin Acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Kodam II/Swj Periode 1 April 2018, yang diselenggarakan di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang, Senin (2/4).

Acara kenaikan pangkat tersebut dihadiri oleh para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta Pengurus Persit PD II/Swj serta segenap Perwira yang naik pangkat beserta istri.

Dalam pelaksanaannya, prosesi laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira yang berlangsung khidmat diawali dengan menyanyikan lagu Mars Sriwijaya, penghormatan kepada Pangdam II/Swj selaku pimpinan acara dan laporan Korps kenaikan pangkat dari perwakilan masing-masing golongan Perwira, mulai dari golongan pangkat Kolonel, Letkol, Mayor, Kapten dan Letnan Satu.

Kemudian dilanjutkan penggantian dan penyematan pangkat yang baru oleh Pangdam II/Swj. Bersamaan dengan pemasangan pangkat baru oleh Pangdam II/Swj, kepada perwakilan Perwira, para istri maupun suami Perwira yang ikut hadir juga memasangkan pangkat baru dipundak suami atau istrinya masing-masing.

Tradisi pemasangan pangkat baru oleh para istri/suami ini menggambarkan bahwa keberhasilan tugas suami ataupun istri, sehingga memperoleh anugerah kenaikan pangkat tidak terlepas dari dukungan dan doa istri atau suaminya masing-masing.

Suasana haru bercampur bangga tampak diraut wajah para istri yang memasangkan pangkat baru dipundak suaminya maupun istrinya. Bahkan beberapa istri perwira nampak matanya berkaca-kaca, haru, bahagia dan bangga dengan keberhasilan kenaikan pangkat yang diraih suami atau istrinya, mengingat anugerah kenaikan pangkat harus melalui perjuangan dan proses panjang.

Dalam sambutannya Pangdam II/Swj mengatakan bahwa, kenaikan pangkat bukanlah hadiah, tetapi merupakan bentuk manifestasi kehormatan dan penghargaan yang diberikan bangsa dan negara kepada prajurit yang  dinilai dapat mewujudkan prestasi, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas, pekerjaan dan tanggung jawabnya.

Disisi lain, sambung Pangdam, pangkat dan jabatan merupakan suatu amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang di dalamnya  terletak tanggung jawab. Semakin tinggi pangkat dan jabatan, maka semakin  tinggi pula tuntutan tugas dan tanggung jawab yang harus diemban.

Jenderal yang menyandang pangkat Bintang Dua dipundaknya ini juga mengatakan, bahwa dengan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, para Perwira harus mampu mengembangkan pemikiran yang lebih kreatif dan karya inovatif, kepemimpinan dan manajerial yang lebih matang dalam rangka memberikan sumbangsih yang berarti bagi satuan di mana ditugaskan.

“Saya minta agar kenaikan pangkat yang baru ini dapat dipertanggungjawabkan secara profesional, moral dan etika”, tandas Mayjen Putranto.

Usai laporan kenaikan pangkat dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para Perwira yang naik pangkat beserta istri atau suaminya masing-masing, oleh Pangdam II/Swj dan Ketua Persit PD II/Swj, diikuti para pejabat teras Kodam II/Swj beserta istri, kemudian dilanjutkan acara ramah tamah.

Secara keseluruhan, pada periode 1 April 2018 ini terdapat 1.260 prajurit Kodam II/Swj yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, diantaranya kenaikan pangkat Reguler yang terdiri dari 45 Pamen, 52 Pama, 824 Bintara dan 270 Tamtama. Sedangkan untuk kenaikan pangkat Penghargaan terdiri dari 25 Perwira dan 44 Bintara.

Untuk kenaikan Pangkat Perwira, Bintara maupun Tamtama Kodam II/Swj yang berada diluar Garnizun Palembang dilaksanakan secara tersebar di satuan masing-masing.