Detak-Palembang.com PIDIE – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P, M.H., memberikan pengarahan kepada ratusan anggota TNI dan Persit Kodim 0102/Pidie bertempat di lapangan upacara Makodim Jln. Prof. Ahmad Majid Ibrahim No 1 Desa Lampeudeu, Rabu (30/5).

Dalam pengarahannya Pangdam mengatakan, bahwa kunjungannya ke Kodim 0102/Pidie merupakan yang pertama semenjak dilantik pada Maret lalu, selain itu kunjungan kejajaran satuannya untuk mengenal lebih dekat prajurit dan keluargannya serta menjalin silaturahmi dan bertatap muka langsung  kepada personel pidie.

“ini kunjungan pertama saya di Kodim Pidie semenjak saya menjabat Pangdam Iskandar Muda, kunjungan ini bertujuan untuk saling mengenal dan menjalin silaturahmi dan bertatap muka langsung kepada para prajurit saya dan keluarganya”.

Selain itu, lanjut Pangdam, kunjungan kerjanya bertujuan untuk melihat langsung kesiapan Kodim 0102/Pidie yang meliputi, kesiapan personel, tugas pokok, pangkalan.

“Saya bangga dengan kalian, dari hasil paparan Dandim tadi saya melihat bahwa personel Kodim Pidie sudah melaksanakan tugas dengan baik, ini harus di pertahankan dan ditingkat”. Tegas Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam mengajak kepada seluruh prajurit dan keluarga untuk senantiasa banyak-banyak bersyukur atas rezeki yang kita terima, kemudian kita juga  harus banyak berdoa agar di jauhkan dari mara bahaya, dan selalu diberikan kesehatan keselamatan dalam menjalani hidup, dan dalam menjalankan tugas. Kita harus bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh allah, kalau kita banyak bersyukur pasti kita di mudahkan rezeki dari Allah SWT. Pangdam juga mengatakan bahwa, prajurit teritorial harus murah senyum, ramah, sopan.

“Prajurit teritorial itu harus murah senyum, ramah dan sopan terhadap rakyat”.

Kemudian masalah pembinaan teritorial, Pangdam meminta, personel teritorial harus lebih dekat dengan masyarakat, silaturahmi yang baik, dengan cara melaksanakan metode binter yaitu bakti tni diantaranya karya bhakti, gotong royong, manunggal subuh, kemudian juga melaksanakan komsos.

Kepada prajurit Kodim, Pangdam menekankan agar menghindari segala bentuk pelanggaran, baik itu narkoba, asusila, disersi dan THTI. Narkoba adalah musuh kita bersama, jangan sampai terlibat barang haram itu, baik itu pengedar, maupun mengkonsumsi, sangsi tegas pecat sudah jelas maka sayangi dirimu dan keluargamu.

Terkait pesta demokrasi yang sebentar lagi dilaksanakan yakni Pilkada Kabupaten Pidie Jaya, Pangdam menekankan bahwa prajurit TNI harus berposisi  netral, netralitas itu penting, ini merupakan penekanan Panglima TNI, jangan melibatkan diri atau terlibat kegiatan politik praktis karena itu dilarang.

Kepada ibu- ibu persit Pangdam meminta, agar menjaga keharmonisan dalam rumah tangga, didik anak menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, harus mendukung dan mendampingi  tugas suami,   harus percaya kepada suami, disitulah letak keharmonisa dan bahagia dalam kehidupan keluarga, kalau ibu- ibu tidak percaya pada suami maka disitu letak kehancuran dalam rumah tangga.

” jaga keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga”, pesan Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P, M.H.,  saat memberika pengarahan kepada personel dan persit kodim 0102/pidie.

Kemudian terakhir, Pangdam menyampaikan  jangan arogam terhadap masyarakat, jangan ugal- ugalan saat berkendara, jaga kesehatan dengan cara olah raga dengan teratur, dan jangan stres, karna kalau sters penyakit juga akan muda datang.

” Mari kita laksanakan tugas dengan baik, mari kita berbuat baik, tulus dan ikhlas  untuk masyarakat,” tutup Pangdam Iskandar Muda.

TNI Netral, Prajurit Jangan Terlibat Politik Praktis

“TNI harus berposisi  netral, netralitas itu penting, ini merupakan penekanan Panglima TNI, jangan melibatkan diri atau terlibat kegiatan politik praktis karena itu dilarang”.

Hal itu ditegaskan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P, M.H.

Penekanan tesebut terkait pelaksanaan pesta demokrasi Pemilukada (Pilkada) Kabupaten Pidie Jaya yang akan dilaksanakan sebentar lagi.

Selain itu, Pangdam juga memerintahkan prajurit jajarannya khususnya Kodim 0102/Pidie harus netral dengan tidak memihak, mempengaruhi, memberi bantuan apapun baik secara perorangan maupun satuan  kepada kontestan Pilkada.

Pangdam menyatakan bahwa komitmen Kodam IM untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang aman, nyaman, damai dan tertib karena Pilkada yang aman merupakan harapan semua masyarakat aceh. Untuk mewujudkannya, maka TNI harus bersinergi dengan aparat kepolisian dalam menjamin keamanan dan kesuksesannya pelaksanaan Pilkada.

Selanjutnya, dihadapan ratusan prajurit dan Persit, Pangdam menyampaikan  sebagai prajurit jangan arogam terhadap masyarakat, jangan ugal- ugalan saat berkendara, jaga kesehatan dengan cara olah raga dengan teratur, dan jangan stres, karna kalau sters penyakit juga akan muda datang.

” Mari kita laksanakan tugas dengan baik, mari kita berbuat baik, tulus dan ikhlas  untuk masyarakat”, tutup Pangdam Iskandar Muda.

Kegiatan kunjungan Pangdam IM ke wilayah Korem 011/LW turut didampingi Ketua Persit KCK PD IM, Irdam, Danrem 011/LW, Asintel, Asops, Aslog, Aster, Kapendam, Kabintal, Danpomdam serta para pengurus Persit KCK PD Iskandar Muda.