Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos., menerima audiensi dari Bupati abes, pejabat provinsi , Pemerintah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar serta perwakilan keluarga pahlawan malahayati, Audiensi tersebut berlangsung di Ruang tamu Pangdam, Makodam IM, Banda Aceh, Senin (6/11).

Pejabat yang audiensi dengan Pangdam IM diantaranya, Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, Kadis Sosial Provinsi aceh Dedy Haikal, Kadis Balai Pelestarian Cagar Budaya Ali, Asisten 1 Bakhtiar S.O.S, Kadis sosial Aceh Besar, Kabag Umum Rusdi , Kabag Kesra Ari Maulana dan perwakilan keluarga pahlawan Laksamana Keumala Malahayati ibu Cut .

Dalam audiensi tersebut, membahas tentang tata acara peringatan hari Pahlawan pada 10 November nanti, khusus yang dilaksanakan ditempat makam Pahlawan Laksamana Keumala Malahayati.

Pangdam juga mengatakan, bahwa Laksamana Malahayati akan diangkat menjadi pahlawan Nasional. Sehingga sangat tepat sekali bila kita dapat melaksanakan peringatan hari pahlawan dengan bersama Forkopimda,TNI, Polri, masyarakat serta keluarga para pahlawan Aceh berziarah di tempat makam Malahayati yang terletak di Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar,

“Sebelum melakukan ziarah, kita juga akan menampilkan, tari saman dan drama kolosal Laksamana Keumala Malahayati yang di persembahkan langsung oleh para prajurit, ibu ibu Persit, para pelajar, masyarakat beserta pendukungnya dengan dilanjutkan Khoul (mengaji atau berdoa bersama) pada upacara hari Pahlawan nanti.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IM Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos menjelaskan bahwa setelah ziarah akan dilaksanakan kegiatan bersama Forkompimda,TNI ,Polri, Pelajar beserta masyarakat melaksanakan sholat Jumat berjamah.

“Setelah sholat jumat kita nanti makan bareng dengan 1000 masyarakat disitu, nanti kita buatkan tempatnya,” kata Pangdam Iskandar Muda.

Dalam audiesi tersebut, Pangdam IM didampingi oleh Irdam, para Asisiten Kasdam IM, Kapendam Iskandar Muda Kolonel Kav Rusdi S.I.P, Kazidam IM Kolonel Czi Herfin Kartika Aji, S.I.P. dan perwira AL.