Detak-Palembang.com PALEMBANG – Halaman Kantor Gubernur Sumsel hari Minggu (10/12) pukul 07.00 WIB, dipadati oleh ribuan peserta Lomba Lari 10 K dan Jalan Santai 5 K, yang berasal dari satuan di TNI, Polri, instansi, pelajar hingga masyarakat.

Acara ini diselenggarakan oleh Korem 044/Gapo dalam rangka memeriahkan sekaligus memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Ke-72, yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2017 mendatang.

Di titik Start, para peserta dilepas oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI A.M. Putranto, S.Sos., yang didampingi oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel, Kadispora Pemprov Sumsel serta para Dan/Kabalakdam II/Swj.

Kegiatan ini serentak diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia dan khusus untuk Kodam II/Swj, Lomba digelar di Kota Palembang, Bengkulu, Jambi, Bandar Lampung dan Belitung Timur. Tercatat tidak kurang dari 8.300 orang, turut berpartisipasi dalam kegiatan di 5 Kota ini.

Sebelum mengibarkan bendera Start, Pangdam II/Swj Mayjen TNI A.M. Putranto, S.Sos berpesan, “Mudah-mudahan dengan perlombaan Lari 10 K ini, dapat menumbuhkan semangat kepada para peserta, untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, juga dapat meraih prestasi yang terbaik”.

Lomba Lari 10 K di wilayah Sumsel ini, tidak hanya didominasi oleh peserta dari Kota Palembang saja, namun juga bersal dari luar daerah. Peserta dibagi dalam dua kategori yaitu untuk pria dan wanita. Pada akhir perlombaan, tercatat sebagai pelari tercepat kategori pria adalah Sdr. Riki dari Banyuasin dengan catatan waktu 36,42 menit, disusul pada urutan kedua Prada Trisman dari satuan Yonif Raider 200/BN dengan catatan waktu 39,30 menit dan posisi ketiga ditempati oleh Sdr. Bagaskara dari Banyuasin dengan waktu tempuh 39,53 menit.

Sedangkan pada kategori Wanita, pelari tercepat adalah Sdri. Nurul Kartika dengan catatan waktu 50,42 menit, di urutan kedua Sdri. Avita Mareli dengan catatan waktu 54,25 menit dan pada posisi ketiga ditempati oleh Sdri. Kasna Safitri dengan cacatan waktu 57,15 menit. Ketiganya berasal dari Kabupaten Banyuasin.

Panitia telah menyediakan berbagai hadiah dan Door Prize menarik bagi para peserta. Atas prestasi yang berhasil diraih oleh para peserta, masing-masing mendapatkan hadiah medali berikut uang pembinaan sebesar ; Juara I Rp.3 juta, Juara II Rp.2 juta dan Juara III Rp.1,5 juta.

Di akhir kegiatan, Pangdam II/Swj menyatakan, “Rangkaian kegiatan bersama masyarakat yang digelar di 5 wilayah Korem jajaran Kodam II/Swj secara serentak, telah berjalan aman dan lancar. Kegiatan Lomba Lari 10 K serta Jalan Santai 5 K dalam rangka Hari Juang Kartika 2017 yang digelar di Palembang ini, sekaligus untuk mensosialisasikan ASIAN GAMES XVIII yang akan digelar pada Tahun 2018 mendatang di Palembang.”