Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di wilayah Kodam II/Swj mendatang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., memerintahkan seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk tetap menjunjung tinggi sikap Netralitas TNI, dari segala bentuk politik praktis dimanapun bertugas dan berada serta senantiasa membina kemanunggalan TNI–Rakyat.

Hal tersebut ditegaskan Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera bulanan yang digelar Kodam II/Swj, Senin (19/3/2018), bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Jalan. Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Dijelaskan bahwa, Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Pada Pasal 39 disebutkan bahwa prajurit TNI antara lain dilarang terlibat dalam kegiatan menjadi anggota partai politik dan kegiatan politik praktis.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga, agar tidak terjadi pelanggaran Netralitas Prajurit maupun PNS TNI, TNI akan membentuk Tim Pengawas Nertalitas yang personelnya akan diisi oleh para Aparat Intelijen. Tim ini bertugas untuk mengawasi dan memonitor pelaksanaan Netralitas TNI serta menerima laporan dari masyarakat jika ditemukan adanya keberpihakan atau ketidaknetralan yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS TNI.

Selain itu, bagi personel dan satuan jajaran Kodam II/Swj yang telah disiapkan untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam pengamanan Pilkada, agar benar-benar melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai prosedur dan ketentuan yang  berlaku.

Upacara bulanan yang berlangsung tertib dan hidmat ini ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan UUD 1945, Pengucapan Sapta Marga dan Pembacaan Panca Prasetya Korpri. Upacara ini diikuti oleh para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO AU, para Dan/Kabalakdam II/Swj dan segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.