Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., didampingi Ketua Persit PD II/Swj Ny. Annies Putranto, beserta Danrem 044/Gapo, para asisten Kasdam II/Swj dan para Dan/Kabalakdam II/Swj, melakukan kunjungan kerja dalam rangka meresmikan Kodim 0430/Banyuasin Korem 044/Gapo.

Saat tiba di Markas Kodim 0430/Banyuasin, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos didampingi Ketua Persit KCK PD II/Swj Ny. Annies Putranto beserta rombongan disambut dengan Pengalungan Bunga diiringi dengan Tarian Persembahan Sedulang Setudung dan Sekapur Sirih yang ditampilkan oleh Kuyung Kupik Banyuasin.

Dalam kegiatannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos, secara langsung memimpin upacara peresmian Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0430/Banyuasin, Senin (9/4/2018), yang digelar di lapangan Makodim 0430/Banyuasin Jalan. Lintas Sumatera, Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

Peresmian Markas Kodim 0430/Banyuasin ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto didampingi Wakapolda Sumsel, Bupati Banyuasin Bapak Ir. S.A. Supriono, M.M., beserta unsur FKPD dan Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E.

Apresiasi dan rasa terimakasih pun disampaikan oleh Pangdam II/Swj selaku inspektur upacara peresmian Makodim tersebut, Pangdam mengatakan bahwa, berdirinya Kodim 0430/Banyuasin tidak terlepas dari peran serta hasil kerja keras dan kerjasama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin.

“Berkenaan dengan hal tersebut, selaku Pangdam II/Swj, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada pemerintah daerah serta masyarakat Kabupaten Banyuasin yang telah membantu dan berkontribusi mulai dari penyiapan markas Kodim sampai dengan peresmiannya pada hari ini, sehingga semua dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses”, ungkap Pangdam.

Dengan telah diresmikannya Kodim 0430/Banyuasin ini, sambung Pangdam, ke depan saya yakin para prajurit Kodam II/Swj khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Banyuasin akan semakin fokus dan optimal menjalankan tugas-tugasnya dalam rangka pemberdayaan wilayah darat yang sekaligus dapat meringankan kesulitan rakyat sekelilingnya.

“Bagi kami Kodam II/Swj, tentunya pemekaran satuan Kodim 0430/Banyuasin ini sangat berguna untuk efisiensi rentang Komando dan kendali sekaligus meningkatkan kesiapan operasional satuan TNI AD dalam merespon setiap kemungkinan terjadinya dinamika wilayah”, tuturnya.

Usai pelaksanaan upacara peresmian, Pangdam II/Swj dengan didampingi oleh Bupati Banyuasin, Danrem 044/Gapo, Wakapolda Sumsel dan unsur FKPD lainnya, melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Makodim 0430/Banyuasin, dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua Persit KCK PD II/Swj Ny. Annies Putranto.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan acara penyerahan hibah kendaraan dari Pemkab Banyuasin kepada Kodim 0430/Banyuasin dalam hal ini dilakukan oleh Bupati Banyuasin  Bapak Ir. S.A. Supriono, M.M., kepada Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos.