Detak-Palembang.com PALEMBANG – Semangat Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri dalam menjaga kedaulatan NKRI serta siap mengawal pelaksanaan pesta demokrasi pada pemilihan umum Presiden dan Legislatif 2019 mendatang, terbukti terlihat di Jambi saat Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum, berkunjung ke Mapolda Jambi.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, Selasa (23/10/2018) memimpin Apel Bersama TNI-Polri dengan tema “Menjaga Soliditas, Sinergitas dan Netralitas Dalam Rangka Menghadapi Pemilu 2019 yang Sejuk, Aman dan Damai”, yang berlangsung di lapangan Apel Mapolda, Jambi.

Apel bersama yang melibatkan prajurit TNI dan Polri dari Polda Jambi dan Korem 042/Gapu ini, dilaksanakan dalam rangka untuk membangun silaturahmi serta sinergitas dan soliditas sesama aparat negara, juga merupakan bentuk antisipasi dan kewaspadaan prajurit TNI dan Polri guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat terkait dengan dilaksanakannya Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, yang saat ini tengah memasuki masa kampanye.

Di samping itu, apel ini juga merupakan wujud nyata kesiapsiagaan bersama sebagai Bhayangkari Negara, prajurit TNI dan Polri selalu hadir dan siap menjaga, melindungi dan mengamankan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia, khususnya di wilayah Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dari berbagai bentuk ancaman dan rongrongan yang akan mengancam stabilitas keamanan di wilayah ini.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan agar TNI-Polri di Jambi terus menjaga sinergitas, dalam menjaga keamanan masyarakat, terutama tahun depan akan dilaksanakan Pileg dan Pilpres.

Pada kesempatan tersebut,  Pangdam menyampaikan apresiasinya kepada Kapolda Jambi saat memimpin apel bersama. “Ini merupakan kehormatan bagi saya, Pak Kapolda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memimpin apel di Mapolda Jambi. “TNI-Polri harus bersatu, kebersamaan harus dijaga dan dipelihara dengan baik serta terus ditingkatkan,” kata Mayjen Irwan.

Pangdam juga mengatakan bahwa, membangun silaturahmi antar anggota TNI dan Polri di wilayah hukum Jambi sudah sangat baik. “Untuk itu, harus terus dilakukan dari hati ke hati dalam menjalani silaturrahmi tersebut”, ujarnya.

 Pangdam berharap, sinergitas yang telah dibangun tersebut menjadi amal ibadah bukan hanya silaturrahmi biasa dan hanya formalitas saja, sinergisitas TNI-Polri di Jambi hingga saat ini harus lebih baik lagi.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS menyampaikan, sejauh ini sinergitas TNI-Polri di Jambi telah berjalan dengan baik, dan akan terus ditingkatkan.

Kapolda juga mengatakan, sinergistas tersebut telah dibangun sejak lama antara TNI dan Polri di wilayah Jambi. “Sudah sejak pertama saya menjabat di Jambi kita memulai dengan apel di Korem, hingga bergantian dan kegiatan dan diikuti hingga ke bawah,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Apel Bersama TNI-Polri tersebut antara lain; Danrem 042/Gapu, Waka Polda Jambi, para pejabat TNI, Polri dan Pemda Provinsi Jambi serta Para Prajurit TNI jajaran Korem 042/Gapo dan Polda Jambi.