Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pawai Obor Asian Para Games yang berlangsung di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (26/9/2018) disambut dengan antusias oleh ribuan masyarakat di Bumi Serumpun Sebalai tersebut.

Proses pelepasan Torch Relay Obor Asian Para Games ini diserahkan langsung oleh Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Jembatan Emas. Obor Asian Para Games ini diarak dari Jembatan Emas Pangkalpinang dibawa secara estafet menuju Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang.

Adapun rute yang dilalui mulai dari Jembatan Emas, Perempatan Ketapang menuju Jalan Depati Hamzah. Setelah itu dilanjutkan dengan obor estafet melewati Jalan Soekarno Hatta melewati Jalan Jenderal Sudirman hingga finish Alun-alun Taman Merdeka.

Saat tiba di Jembatan Ketapang, Obor yang dibawa Gubernur diserahkan kepada Juara 2 Asean Para Games 1 di Kuala Lumpur, juara 3 di peparnas 2012 Riau (cabor angkat berat dan tennis meja, atletik), Ketua NPC Babel, Andi takdir, yang selanjutnya akan dibawa berjalan menuju ke alun-alun secara bergantian dibawa oleh orang-orang berbeda.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., juga mendapat kehormatan membawa Obor Asian Para Games dan selanjutnya diserahkan kepada Kapolda Babel Brigjen Pol Syaiful Zachri dan seterusnya Kepala Kejaksaan Tinggi Babel, Wakil Gubernur Babel dan atlet peraih 2 emas dan 1 perak di Peparnas 2016, Duta obor, Asisten Deputi Keolahragaan, Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Anggota komisi X DPR RI, atlet peraih 3 emas APG 2011, Kepala Kejaksaan Agung RI  dan Walikota  Pangkalpinang.

Saat tiba di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang yang menjadi rute finish kirab obor ini, sudah berjajar puluhan stand yang terdiri dari berbagai UMKM se-Bangka belitung maupun dari yayasan berkebutuhan khusus.

Berbagai rangkaian acara digelar disini, seperti lomba-lomba peserta disabilitas, penampilan seni dari komunitas Disabilitas, pagelaran musik, fun games, bazaar UMKM, talkshow bersama atlet difabel, pusat promosi dan informasi asian para games, penganugerahan dan penghargaan kepada kota/Provinsi asian para games.

Selepas dari Kota Pangkalpinang, obor Asian Para Games 2018 akan dibawa dan berakhir ke Jakarta. Sebelumnya api pertama Asian Para Games diambil dari Solo (Jawa Tengah) dibawa ke Ternate (Maluku Utara), Makassar (Sulawesi Selatan), Denpasar (Bali), Pontianak (Kalimantan Barat), Medan (Sumatera Utara), Pangkalpinang (Bangka Belitung) dan berakhir di Jakarta.