Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Dalam beberapa hari ini asap sudah terlihat di Kota Palembang, namun hal itu masih dalam batas normal, hal itu dikatakan oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayor Jenderal Irwan usai menjadi inspektur upacara HUT TNI Ke 73 di Lapangan Jasdam KM 9, Jumat (05/10).

“Kabut asap memang terlihat dalam beberapa hari ini terutama di pagi hari. Tetapi semua itu masih di bawah standar yang ditentukan,” ungkapnya.

Lanjutnya, memang ada kebakaran-kebakaran kecil yang dilakukan oleh masyarakat dalam rangka untuk menanam kembali, tetapi itu dilokalisir dan ditunggu.

“Memang ada beberapa hotspot/titik api, tetapi pada pagi hari saja, begitu sudah sore sudah turun lagi. Pada pagi ada hotspot antara 20-50 tetapi sore hari sudah turun menjadi di bawah 10 titik api,” jelasnya.

Untuk antisipasi jajarannya tetap melakukan patroli dan pemadaman titik api. Untuk  helikopter pihaknya memaksimalkan yang ada, separuhnya telah dikirim ke Kalimantan untuk pemadaman disana.

“Helikopter yang ada di kita tinggal 5 buah, yang kita kerahkan secara bergantian. Ambang batas asap masih dibawah standar, artinya masih sehat. Tetapi kita tetap siaga,” tegasnya.