Detak-Palembang.com OGAN ILIR – Kafilah kota Palembang berhasil mempertahankan predikat juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII tingkat Provinsi di Kabupaten Ogan Ilir. Hasil ini didapat setelah Kota Palembang menyabet nilai tertinggi dari pesaing terdekatnya yakni tuan rumah kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

Juara umum yang didapat kota Palembang kali ini merupakan raihan ke tiga kali secara beruntun.

Piala juara umum diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili Asisten 3 Setda Provinsi Sumsel Prof. Dr. H. Edwar Juliarta S.Sos.MM kepada Walikota Palembang melalui Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palembang Sulaiman Amin pada penutupan MTQ Provinsi, Jum’at (4/5).

Edwar mengatakan semua peserta MTQ merupakan utusan yang terbaik dari daerah masing-masing. Bagi yang belum terpilih agar terus mengasah kemampuan karena itu hanyalah gelar yang tertunda.

“Selesai ini bukan berarti tugas selesai. Nanti akan ada kompetisi tingkat nasional di Medan, Sumatera Utara, jadi terus berlatih dan tingkatkan kualitas,” ujar Edwar.

Berdasarkan pengumuman juara oleh Ketua Dewan Hakim KH Nawawi Dencik Al Hafiz, khafilah kota Palembang berhasil meraih juara umum dengan torehan 14 medali emas, 13 perak dan 10 perunggu dari berbagai cabang tilawah yang dipertandingkan.

Pjs Walikota Palembang Dr. H. Akhmad Najib, SH, M. Hum mengungkapkan, raihan juara umum MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan capaian yang luar biasa.

“Ini berkat Kerja keras semua pihak, nulai dari Pemerintah kota Palembang, para kafilah yang bersungguh – sungguh sehingga memperoleh hasil terbaik,  harus diapresiasi karena telah mangharumkan Palembang,” ungkap Akhmad Najib.

Akhmad Najib mengatakan, dengan diraihnya juara umum MTQ ini, menegaskan jati diri Palembang sebagai kota yang madani.

“Kota madani yang mengusung visi Palembang Emas sudah melakat pada kota Palembang, maka raihan juara umum MTQ ini semakin menegaskan Palembang sebagai kota madani yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam” Kata Akhmad Najib.

Akhmad Najib berharap, prestasi ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

“Dengan semangat yang kita punya, kami yakin Palembang akan terus berprestasi hingga tingkat nasional bahkan internasional ” Pungkas Najib.

Sementara itu, untuk Juara kedua diraih oleh tuan rumah Kabupaten Ogan Ilir dengan hasil 13 medali emas, 9 perak dan 5 perunggu.

Sedangkan posisi ke III Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) meraih 7 emas, 6 perak, 1 perunggu.

Kemudian, Juara harapan 1 didapat Kabupaten Banyuasin dengan 4 emas, 6 perak, 10 perunggu, Harapan II Kabupaten Muaratara 3 emas, 5 perak, 3 perunggu dan harapan III direngkuh Prabumulih 1 emas, 1 perak, 3 perunggu.