Detak-Palembang.com PALEMBANG – Palembang akan menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI). Pada even ini seluruh pedagang yang tergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan menggeber diskon besar-besaran hingga di atas 70 persen.

Rencana pelaksanaan HBDI ini disampaikan Ketua Hippindo Budihardjo Hiduansjah kepada Pjs Walikota Palembang DR H Akhmad Najib SH MHum, Jumat (20/4). Even HBDI rencananya digelar pada 8 Agustus – 2 September 2018.

Even ini untuk mendukung semarak Asian Games 2018, sekaligus memperkenalkan Kota Palembang secara lebih luas kepada wisatawan lokal dan mancanegara. Dengan HBDI ini diharapkan mampu menarik minat belanja masyarakat, sekaligus untuk mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM)” ujarnya.

Hari Belanja Diskon Indonesia adalah gelaran tahun kedua. Pada tahun sebelumnya even ini diselenggarakan di Pekan Raya Jakarta Kemayoran. Menurut Budi, Palembang dipilih karena menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta. Selain itu Palembang dinilai memiliki khasanah kearifan lokal yang tinggi dalam hal kuliner dan usaha masyarakat.

“Khusus untuk Palembang, Hari Belanja Diskon Indonesia diberi tajuk Sriwijaya Great Sale. Bila jadi dibuka Presiden RI, pembukaannya akan dipusatkan di Palembang Indah Mall. Harapannya ke depan, even ini akan dilaksanakan berkelanjutan dan menjadi dayatarik wisatawan ke Palembang,” ujarnya.

Lebih lanjut ditambahkan, pertemuan dengan Pjs Walikota Palembang bertujuan untuk mendapat dukungan pelaksanaan secara lebih luas. Dirinya berharap penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia dilaksanakan serentak di seluruh mall di Palembang dengan melibatkan UKM.

Pjs Walikota DR H Akhmad Najib SH MHum menyambut baik gelaran Sriwijaya Great Sale. Dirinya berharap, even tersebut dapat memperkenalkan potensi kearifan lokal Palembang secara lebih luas. Melalui even sejenis, dirinya berharap mampu meningkatkan minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk kembali berkunjung ke Palembang.

“Even ini disamping dapat semakin menyemarakkan Asian Games, kita juga berharap dapat mendorong para UKM dapat maju dan berkembang. Kegiatan seperti ini harus didorong khususnya untuk memperkenalkan khasanah kearifan lokal Palembang sebagai potensi untuk menarik minat kunjungan wisatawan,” imbuh Pjs Walikota.