BUKA : Asisten I Bidang Pemerintahan dan Protokol H Rusli SP membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Ormas / LSM di Kabupaten Muba Tahun 2016 di Aula Kampus Utama STIER, Senin (30/5/2016)

BUKA : Asisten I Bidang Pemerintahan dan Protokol H Rusli SP membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Ormas / LSM di Kabupaten Muba Tahun 2016 di Aula Kampus Utama STIER, Senin (30/5/2016)

Detak-Palembang.com SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) adakan Pembinaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Se-Kabupaten Muba, Senin (30/5).

Acara tersebut diadakan di Aula Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu selama dua hari dari hari Senin 30 sampai 31 Mei 2016.

Ketua pelaksanaan Kepala Bidang Ketahanan Eonomi Seni Budaya Agama dan Kemasyarakatan, Ir Syamsul Rizal MSi mengatakan, peserta adalah pengurus Ormas dan LSM yang terdaftar di lingkungan Pemkab Muba sebanyak 63 Ormas dan 23 LSM. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah dari unsur Kesbangpol provinsi dan kabupaten, Polres Muba dan Kejaksaan Negeri Sekayu.

“Maksud dari digelarnya acara ini, yaitu meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia organisasi kemasyarakatan di lingkungan Pemkab Muba, dan bertujuan agar terwujudnya Ormas di Muba yang taat aturan serta memahami hak dan kewajibannya terhadap negara dan masyarakat,” jelasnya.

Asisten I Setda Muba, H Rusli SP MM. yang secara langsung membuka acara tersebut dan menyampaikan sambutan Plt Bupati Muba, disampaikan bahwa peran Ormas dan LSM hendaknya bersinergi dengan pemerintah agar dapat mendukung dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kabupaten Muba khususnya.

“Karena Ormas dan LSM hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mensejahterakan rakyat yang sama tujuannya dengan pemerintah, maka keduanya harus saling bersinergi, negara ini tidak bisa diurus hanya oleh sekelompok orang saja,” ungkapnya.

Diujung sambutan Rusli juga menambahkan, “Negara Indonesia dalam keadaan darurat narkoba, untuk itu pemkab Muba menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, mari kita jaga anak-anak kita agar mereka tidak terjerumus pada narkoba, karena anak-anak kita adalah generasi masa depan, seperti kita tahu suatu bangsa akan hancur jika generasi mudanya hancur oleh karena itu kewajiban kita untuk menjaga generasi penerus,” imbuhnya. (red)