Detak-Palembang.com MUARADUA -Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri akan menerbitkan Kartu Identias Anak (KIA) seperti KTP bagi orang dewasa. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKU Selatan Dra. Lia Tirtayana M.Si melalui Kabid Pemanfaatan dan Inovasi Leri Kastina, SE mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Jum’at (23/02) di ruang kerjanya.

Penerbitan KIA itu kata Leri  sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Penerbitan Kartu Identitas Anak itu lanjut dia, merupakan program nasional dalam bentuk pemenuhan kewajiban negara bagi kepemilikan dokumen identitas masyarakat yang berusia di bawah 17 tahun.

Hal itu sebagai wujud kehadiran negara dalam menjamin dan menjaga agar anak-anak terlindungi dan mendapatkan hak – hak mereka.

Ditambahkannya, dengan keberadaan kartu identitas diri ini, nantinya diharapkan kedepan anak – anak mendapatkan kemudahan terutama bagi akses pelayanan publik secara mandiri dan dapat memenuhi kebutuhan secara lebih cepat, murah dan berkeadilan.

Baik dalam hak mendapatkan pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan yang prima serta berbagai pelayanan sosial lainnya.

Selanjutnya untuk pelaksanaan sosialisasi penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) itu sendiri di wacanakan pada awal Maret mendatang, setelah diadakannya sosialisasi itu, baru akan dilaksankan penerbitan kartu identitas anak tersebut.

Kemudian nanti akan ada program inovasi pelayanan “tiga dalam satu” (3 in 1), dimana dengan mengurus satu permohonan, masyarakat akan mendapatkan 3 dokumen kependudukan sekaligus yakni akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak (KIA).