Detak-Palembang.com MUARADUA – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten peduli hak asasi manusia (HAM) pada tahun 2016 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia bertepatan dengan peringatan Hari HAM Internaional, Minggu (10/12) di Ballromm The Sunan Hotel Surakarta Jawa Tengah.

Penyerahan penghargaan tersebut juga disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Raihan enghargaan itu diungkapkan oleh Kabag Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten OKU Selatan Yusrinawati, SH, MT kepada wartawan, Senin (11/12) siang di ruang kerjanya.

OKU Selatan layak mendapatkan penghargaan itu karena dari beberapa variabel yang ditentukan antara lain pelayanan kesehatan, pendidikan, perumahan, ketenaga kerjaan dan bidang-bidang lain yang berhubungan dengan hak asasi manusia.

Salah satunya adalah dalam  bidang kesehatan, pemerintah daerah harus memberikan alokasi anggaran yang cukup, tersedianya tenaga kesehatan yang memadai.

Untuk itu alokasi anggaran untuk bidang kesehatan menempati urutan 3 besar dalam APBD Kabupaten OKU Selatan pada tahun 2016.

Selain itu juga dinilai dari produk-produk hukum yang telah dikeluarkan seperti Perda atau perbub yang mendukung program-program berkiatan dengan hak asasi manusia tersebut.

“Penghargaan kabupaten/ kota dari Kemenkumham terbagi dalam dua kategori yakni “Kabupaten/Kota Peduli HAM” dan “Kabupaten/Kota Cukup Peduli HAM”” jelas Yusrinawati.

Kabupaten OKU Selatan sendiri pada tahun ini berhasil mendapatkan Penghargaan Kategori Kabupaten Peduli HAM.