Detak-Palembang.com BANTEN – Dermaga 2 pelabuhan Merak, Cilegon Jawa Barat menjadi saksi lintasan kirab obor Asian Games 2018 yang dibawa dari Bakauheuni Lampung menggunakan KMP Batu Mandi setelah melintasi Selat Sunda.

Menempuh perjalanan laut sekitar satu jam, oombongan pembawa obor Asian Games tiba di Pelabuhan Merak sekitar pukul 10.30 WIB. Kemudian obor diserahterimakan kepada Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariyadi.

Dari Pelabuhan Merak, obor kemudian diarak ke pusat kota Cilegon dengan iring-iringan mobil dan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat keamanan.

“Api obor diarak seputar di wilayah Banten, dari mulai Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kota Serang yang nanti menginap di Museum Negeri Banten yang ada di Kota Serang,” kata Kadispora Provinsi Banten, Deden Apriandi, kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Kamis (9/8).

Setelah tiba di landmark Kota Cilegon, obor diarak dengan berjalan kaki ke rumah dinas Wali Kota Cilegon berjarak sekitar 2 km. Dari rumah dinas, obor dibawa menuju perbatasan Cilegon dan Kabupaten Serang melalui jalur darat.

“Baru setelah itu isoma, dilanjutkan nanti berangkat ke perbatasan Kota Cilegon dan Kabupaten Serang di Kramatwatu, dari situ akan jalan kaki lagi menuju Tasikardi,” dia menjelaskan.