Detak-Palembang.com PALEMBANG — Gubernur Sumsel Herman Deru akan mengumumkan nasib Sriwijaya FC, pada hari Rabu (20/2/2019) ini. Ia akan memberitahukan kejutan tersebut di Kabupaten Lahat.

“Aku kan kunker (kunjungan kerja), kejarlah besok aku disano kalau kamu nak ado ledakan . Kalau aku omongkan sekarang katek (tidak ada) kejutan lagi besok,” ujarnya Selasa (19/2/2019).

Kunjungan kerjanya sebagai Gubernur Sumsel di Kabupaten Lahat itu, menjadi momen untuk mengumumkan nasib Sriwijaya FC. Apakah akan diambil alih BUMN, investor perorangan ataupun swasta.

“Besok (Selasa, 20 Februaru 2019), di Lahat nak (mau) aku umumkan di Pendopoan Bupati Lahat,” ucapnya.

Sebelumnya, , Deru mengatakan dirinya telah berkonsultasi dengan Menteri BUMN Rini Soemarno tentang peluang bagaimana jika Sriwijaya FC diambil alih oleh BUMN. Ia mengatakan, Menteri Rini pada prinsipnya tidak melarang hal itu.

“Kalau Bu Rini kemarin pada prinsipnya setuju, tapi (prosesnya) panjang. Karena BUMN ini kan pembukuannya akuntabel, auditabel artinya berdasarkan keuangan negara,” ungkapnya.

Deru ini juga mengaku telah menghubungi salah satu BUMN untuk mengutarakan maksudnya. Ia juga mengklaim BUMN tersebut mau mengambil alih klub Sriwijaya FC.

“Salah satu BUMN itu mau. Sudah dihubungi, mau. Tapi yang perlu kita dalami adalah apakah dia hanya sekedar mentake over dan dia (Sriwijaya FC) tidak dipelihara (dijalankan). Karena kita kan untuk dipeliharanya itu, walaupun Pemprov tidak punya saham yang memadai untuk mengendalikan ini, tapi ini moril,’ pungkasnya.