phriDetak-Palembang.com PALEMBANG – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan (PHRI Sumsel) melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda)VII, dengan mengusung tema ‘Kita Tingkatkan Peran Parawisata Dalam Rangka Mensukseskan Asian Games ke XVIII tahun 2018’, di Hotel Aryaduta, Rabu (28/09).

Musda VII PHRI yang dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, dihadiri oleh Owner, General Manager  hotel dan restauran se-Sumsel.

Irene Camelyn Sinaga saat menyampaikan sambutannya mengatakan, berbicara parawisata terkait dengan program pemerintah, pemerintah sendiri tidak boleh bekerja sendiri, harus bekerjasama dengan pihak pemerintah, industri,  akademisi, komunitas, media dan unsur-unsur lain parawisata.

“Pariwisata tidak berdaya kalau tidak dibantu oleh berbagai pihak, termasuk keamanan di dalamnya karena salah satu program pada parswisata adalah keamanan. Selama ini pariwisata sudah dekat dengan asosiasi pariwisata dan kami inginkan industri pariwisata memberikan masukan kepada pemerintah,” ungkapnya.

Lanjut Irene, Komunitas sangat menunjang pariwisata kaum muda melalui sosial media, Instagram dan lainnya. Akademisi sudah banyak membuat penelitian dan tulisan yang sangat bermanfaat untuk kepentingan pariwisata.

“Media merupakan suatu hal yang penting bagi pariwisata, beruntung kalau PHRI sudah bekerjasama dengan media. Mudah-mudahan pariwisata kita semakin berkembang, pada tahun 2014 wisatawan berjumlah 32.000 orang sedangkan pada tahun 2015 sudah mencapai 40.000 orang, ini menunjukkan posisioning kita di mata dunia,” jelasnya.

Ditambahkannya, Parawisata merupakan komitmen Pemerintah karena berkaitan dengan kebijakan dan anggaran. Akhirnya Ia berharap terpilih Ketua PHRI Sumsel yang bisa membuat kemajuan dan program bermanfaat bagi masyarakat Sumsel.

Sementara itu Ketua PHRI Sumsel yang menjadi calon Ketua PHRI periode 2016-2020 Herlan Asfiudin mengungkapkan, akan mengutamakan pembentukan Badan Promosi Parawisata.

“Saya juga akan meningkatkan program yang sudah berjalan seperti menjalin hubungan dengan pihak terkait misalnya instansi pemerintah. Menjalin kerjasama dengan pihak keamanan seperti polisi dan TNI,” ujarnya.

Hariyadi B.Sukamdani Ketua umum PHRI mengatakan, PHRI sekarang harus aktif mencari market yang baru.

“Selain itu harus aktif bekerjasama dengan pemerintah. Kolaborasi kami dengan pemerintah yang terbaru kami lakukan adalah tax amnesty, kami beri masukan kepada pemerintah sudah 12 tahun yang lalu. Hasil dari tax amnesty menyebabkan nilai tukar Rupiah membaik,” terangnya.

Pihaknya juga akan mendukung Asian Games 2018 di Palembang. Asian Games 2018 merupakan kesempatan bagi Sumsel, oleh karena itu PHRI harus mengisi setiap kesempatan.

“Selamat bermusyawarah kepada  PHRI Sumsel, semoga membuat program kerja yang efektif dan memberikan kontribusi bagi Sumatera Selatan,” ucapnya.