Detak-Palembang.com PALEMBANG – Mularis Djahri Hari ini batal mendaftarkan diri dan pasangannya sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang ke  KPUD Kota Palembang.  Sebelumnya beredar kabar yang juga dibenarkan oleh KPUD Kota Palembang bahwa hari  ini Senin tanggal 08 Januari 2017 Mularis Djahri Akan mendaftar.

Namun hingga malam ini kedatangan Pengantin pesta Demokrasi lima tahunan ini tak kunjung tiba. Informasi yang didapat dari komisioner KPUD Kota Palembang Mularis Djahri batal mendaftar Hari ini dan rencananha akan mendaftar tanggal 10 januari 2018 mendatang.

“Hari ini Pak Mularis batal mendaftar ke KPUD Kota Palembang, informasinya tanggal 10 Januari 2018 nanti mereka mendaftar, “ ujar Karim Nasution melalui saluran telepon, Senin malam (08/01).

Pembatalan Pendaftaran MD  ke KPUD Kota Palembang disinyalir karena kemelut di tubuh Partai Hanura. Meski Dewan Pimpinan Pusat  Partai Hanura mengusung pasangan Herman Deru – Mawardi Yahya (HD-MY) untuk mencalonkan diri pada pemilihan Gubernur Sumsel 2018. Namun ketua DPD Partai Hanura Sumsel tetap  pada instruksinya untuk mendukung Dodi Reza Alex yang berpasangan dangan Giri Ramanda Kiemas pada pemilhan gubernur mendatang.

Dari sumber yang enggan disebut namanya, Mularis diperintahkan DPP untuk mendampingi pendaftaran pasangan HD-MY ke KPUD Provinsi sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pada Tanggal 9 Januari 2017 baru setelah itu dilanjutkan Mularis Djahri dan pasangannya mendaftar ke KPUD Kota Palembang.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 3 dan perubahan No. 15 tahun 2017. Bahwa Pendaftaran calon kepala daerah Harus didampingi ketua dan sekretaris Partai pengusung. Karena ketua dan sekretaris partai pengusung Harus menandatangani Berita Acara.

Sebelumnya Mularis Djahri Juga memberikan instruksi kepada pengurus, anggota DPRD dan kader Hanura untuk tidak menghadiri Deklarasi Pasangan HD-MY di pelataran Benteng Kuto Besak  (BKB). Bahkan Ketua DPD Sumsel Partai Hanura akan memberikan sanksi jika terbukti mendatangi deklarasi HD-MY.

Pantauan dilapangan saat deklarasi hanya dihadiri ketua Korwil dan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura saja, tak terlihat kader Hanura dari DPP Sumsel.

Padahal jelas, Dewan Pimpinan Pusat Hanura mendukung Bakal Calon Pasangan H. Herman Deru – Mawardi Yahya dalam Pemilihan Gubernur 27 Juni nanti. Hal bini dibuktikan dengan penyerahan SK dukungan dalam bentuk form B1KWK kepada pasangan HD-MY saat deklarasi. Sikap Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hati Nurani Rakyat (DPD Hanura) Sumatera Selatan, bertolak belakang dengan keputusan DPP Hanura.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hati Nurani Rakyat mengatakan, Dalam Pilgub, Hanura Sumatera Selatan mendukung Dodi Reza Alex Noerdin berpasangan dengan Giri Ramanda

“Sudah saya instruksikan, mulai dari 17 Kabupaten – Kota sampai ke anak ranting untuk memenangkan dan mendukung Dodi – Giri dalam Pilgub 27 Juni nanti,” ujarnya melalui sambungan seluler, Senin (08/01).