Detak-Palembang.com PALEMBANG – Segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj, Senin (21/8) melaksanakan latihan defile bertempat di lapangan upacara Makodam II/Swj, Palembang. Latihan defile yang dilaksanakan pada minggu militer ini diikuti oleh seluruh peserta upacara yang dibagi dalam kelompok Perwira, Bintara dan Tamtama, Pasukan Bersenjata, PNS Pria dan PNS Wanita Kodam II/Swj, yang diawasi dan dikoreksi langsung oleh para Asisten Kodam II/Swj.

Latihan defile yang diiringi Korsik dari Ajendam II/Swj ini dilakukan secara berulang-ulang dan diberikan koreksi pada setiap sesi baik kesamaan langkah/gerakan, penghormatan, kelurusan, kerapian, dan lain sebagianya untuk memastikan bahwa prajurit dan PNS mampu melaksanakannya dengan baik dan benar sesuai ketentuan.

Kapendam II/Swj Letkol Inf Imanulhak S.Sos melalui Wakapendam II/Swj Letkol Inf Paiman menjelaskan bahwa kemahiran dan ketangkasan melaksanakan defile merupakan salah satu kebanggan bagi prajurit, sehingga setiap prajurit harus mampu melaksanakannya dengan baik.

“Masing-masing kelompok dengan membawa bendera penjuru melaksanakan defile mulai dari daerah persiapan, selanjutnya maju dengan  langkah biasa, kemudian langkah defile/langkah tegap, langkah tegap hormat kanan, kembali langkah defile dan langkah biasa. Dalam masing-masing langkah ditandai dengan bendera pelencang,” ujarnya.

Kegiatan defile bagi prajurit TNI, menurut Waka Pendam II/Swj memiliki tujuan untuk memperlihatkan kemahiran dan ketangkasan, memperlihatkan kekuatan dan kebesaran TNI sebagai potensi nasional dan kebanggaan nasional, menunjukkan kesetiaan kepada bangsa dan Negara serta memberikan penghormatan kepada yang berhak menerima, setelah dilaksanakan parade.

Sementara itu, kegiatan upacara bendera mingguan yang ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila dan pengucapan Sapta Marga, dipimpin oleh Aspers Kasdam II/Swj Kolonel Inf Tri Saktiono, selaku Inspektur Upacara. Turut hadir pada kesempatan tersebut, para Staf Ahli dan staf Khusus Pangdam II/Swj, para Asisten Kodam dan para Kabalak di lingkungan Makodam II/Swj serta segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj.