Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Bertambah usia maka akan bertambah penyakit, hal itu membuat Kementerian Kesehatan  berusaha menjaga kesehatan agar orang-orang Lanjut Usia (Lansia) tetap sehat.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Nila Djuwita F. Moeloek agar Lansia tetap sehat harus dimulai sejak dini, sebisa mungkin sejak balita.

“Kesehatan dijaga sejak dari hulu yakni balita. Balita sehat dapat dilihat dari berat badannya yang cukup dan seimbang. Balita akan sehat bila sejak dalam kandungan ibu hamil cukup nutrisi,” jelas Nila, usai membuka Seminar Nasional Kesehatan Lanjut Usia, di Griya Agung Palembang, Rabu (09/05).

Lanjutnya, Seiring bertambahnya usia maka Lansia akan bertambah penyakit, tetapi semakin dicegah tidak banyak penyakit yang diderita, lebih baik mencegah dari mengobati.

“Penyakit yang banyak diderita Lansia saat ini yakni Jantung, Diabetes, Gagal Ginjal dan Kangker,” ungkapnya.

Nila menambahkan, manusia yang sehat dan cerdas maka akan berkontribusi untuk kemajuan negara. Lansia yang mempunyai pengalaman yang luar biasa untuk ditularkan kepada yang lebih muda.

“Saya sangat khawatir dengan anak anak remaja sekarang. Pada saat ini banyak remaja menderita gangguan jiwa. Terus remaja sekarang banyak pengguna  narkoba, menjadi tugas kita untuk mencegah remaja tidak berperilaku negatif,” pesannya.

Agar kesehatan terjaga, selain pola makan juga menjaga kebersihan lingkungan, kepada Lansia untuk turut serta menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan ke sungai, dan sungai bukan tempat sampah.

“Walau saya sangat tidak terima kalau lansia ditempatkan di panti jompo. Namun juga perlu dipikirkan untuk saat ini, saya juga pernah  bertugas di panti jompo dan melihat Lansia sangat gembira karena mereka berbicara dengan teman se-level,” ungkapnya.