Detak-Palembang.com PALEMBANG – Viralnya warga protes dengan bergaya bak foto model yang sedang beraksi di kubangan jalan rusak di daerah Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu yang  membuat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gerah dan memerintahkan petugasnya untuk memperbaiki jalan tersebut.

Direktur Preservasi Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, Atyanto Busono mengatakan, karena sudah viral maka dirinya ditugasi oleh Menteri PUPR untuk memperbaiki jalan yang rusak.

“Pak Menteri menugaskan ke saya untuk memperbaiki jalan rusak yang ada nona mandi di kubangan. Nona mandi itu sebenarnya artistik tetapi bukan itu fokus kita, tetapi jalan rusaknya,” terangnya di Hotel Santika Jalan Radial Palembang, Selasa (05/03).

Lanjutnya, pihaknya sifatnya hanya membantu karena itu merupakan jalan milik kabupaten, karena sudah viral maka menjadi konsennya agar jalan tersebut bisa fungsional. Setelah dirinya berkomunikasi dengan pihak pemda, jalan tersebut ternyata sudah ada dananya dari kabupaten tetapi prosesnya masih pada tahap lelang.

“Karena masyarakat sangat membutuhkan jalan tersebut maka kita akan membantu agar fungsional, karena dana kita untuk membantu diarahkan kesini. Jumlah dana untuk memfungsikan jalan tadi kita belum tahu karena baru kita survey. Perbaikan kita hanya fungsional bukan struktural, artinya jalan yang berlubang akan kita tambal dan jalan yang viral itu ada kubangan kita akan agregat dan lapis aspal diatasnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya sudah menyiapkan truk, grader, wales dan vibro untuk melaksanakan perbaikan. Menurutnya perbaikan agar jalan fungsional akan selesai dalam waktu satu bulan.

“Satu bulan selesai, pas selesai lelang juga selesai jadi pekerjaan akan dilanjutkan oleh pemda untuk perbaikan, kita sudah ada disini untuk membantu untuk jalan dapat fungsional. Penting bagi kita untuk memfungsikan jalan ini agar masyarakat dapat menggunakan jalan dan tidak celaka dan jalan tersebut juga tidak bertambah rusak sehingga biaya perawatan lebih murah,” tutupnya.