Detak-Palembang.com PALEMBANG – PS Palembang akhirnya menang dramatis dari Persimuba lewat adu pinalti (5-3), di Stadion Bumi Sriwijaya, Kamis (29/11/18).

Kemenangan ini menghantarkan PS Palembang sebagai jawara di Piala Suratin Zona Sumsel sekaligus menjadi perwakilan Suratin Sumsel untuk ke level nasional menghadapi Bangka Belitung, dengan sistem home away single match.

Awalnya pertandingan berlangsung dengan ketat, sehingga akhirnya anak-anak PS Palembang sempat unggul dimenit ke 69 melauui Ilyas, tak berlangsung lama Persimuba justru mengejar ketertinggalan skor. Hasilnya, gelandang Persimuba, Arlan Agma menyamakan kedudukan lewat titik pinalti, setelah penjaga gawam PS Palembang melakukan pelanggaran dalam kotak terlarang.

Pertandingan pun harus melalui perpanjangan waktu. Pada 15 menit pertama, kedua kubu bermain tanpa gol. Masuk 15 menit tambahan kedua, pemain PS Palembang, Erlesta membuat Stadion Bumi Sriwijaya beremuruh setelah mampu mencetak gol kedua untuk Palembang di menit. Lagi-lagi, merasa kemenangan sudah ditangan, pemain PS Palembang lengah dan kondisi tersebut dimanfaatkan pemain Persimuba. Laga yang hanya menyisakan waktu seper sekian menit, dapat dimanfaatkan Danu Wijaya untuk menyamakan kedudukan dimenit 120+.

Untuk menentukan juara, maka harus dilakukan adu pinalti. Nah, kalau pada waktu normal, kiper PS Palembang, Rafly selalu membuat kesalahan. Tapi, pada drama adu pinalti ini, justru Rafli lah yang menjadi bintang, setelah mampu memblok tiga tendangan pinalti pemain Persimuba.

Usai pertandingan, Pelatih Kepala Suratin PS Palembang, Mahyadi Panggabean mengungkapkan, rasa bangga yang amat sangat. Betapa tidak, karena dengan waktu tak lebih dari setengah bulan mempersiapkan tim sebelum ajang ini, anak asuhnya bisa memberikan gelar juara untuk masyarakat Kota Palembang.

“Semua ini merupakan hasil kerja keras pemain. Mereka tampil all out untuk memberikan gelar juara bagi masyarakat Palembang. Pengorbanan selama masa latihan dan jerih payah mereka semuanya terbayar dengan juara,” ungkapnya.

Mantan pemain Timnas Indonesia Piala Asia 2007 itu menuturkan, untuk menghadapi level selanjutnya, sudah tentu pihaknya akan lebih mempersiapkan diri lebih baik lagi.

“Kita akan menghadapi Bangka Belitung dengan sistem home away. Ini pertandingan berat, tapi kami harus terus berjuang untuk nama besar Palembang,” tuturnya.

Sementara, Manajer Tim Suratin PS Palembang, Ratu Dewa mengapresiasi kerja keras pemain yang sudah memberikna gelar juara untuk Palembang. “Kita semua bangga, karena anak-anak muda ini sudah memberikan yang terbaik untuk Palembang. Tentu kita apresiasi dan akan ada bonus dari hasil kerja keras mereka semua,” tandasnya.