Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Penyakit penyebab kematian yang tertinggi di Kota Palembang adalah penyakit jantung. Untuk itulah rumah sakit melengkapi berbagai fasilitasnya untuk  perawatan penyakit yang memang sudah banyak merenggut jiwa manusia ini.

Untuk menekan angka kematian akibat penyakit jantung diperlukan deteksi dini, maka alat yang digunakan adalah Cath Lab. Alat ini merupakan alat pemeriksaan yang dapat memvisualisasikan arteri jantung dan bilik jantung atau kelainan yang ditemukan.

Direktur Utama Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Khadijah, Jon Ganefi mengatakan RSI Siti Khadijah sudah memiliki cath lab bahkan memiliki gedung terpisah dan Sumber Daya Manusia untuk pengoperasiannya.

“Fasilitas cath lab di rumah sakit ini paling ramai digunakan setelah Instalasi Gawat Darurat (IGD). Namun sayangnya untuk fasilitas ini kami belum ada kerjasama dengan pihak BPJS, kalau untuk fasilitas keperawatan lainnya sudah,” ujarnya usai meresmikan penggunaan gedung cath lab, di RSI Siti Khadijah, Kamis (28/02).

Ia berharap pemerintah dapat membantu agar kerjasama menggunakan fasilitas cath lab  dengan BPJS dapat terlaksana. Karena BPJS merupakan asuransi yang memiliki keanggotaan yang sangat besar.

“Kami sudah bekerjasama dengan banyak asuransi untuk menggunakan fasilitas cath lab, tinggal BPJS saja yang belum. Banyak pengguna fasilitas cath lab merupakan peserta BPJS oleh karena itu saya harap kerjasama dengan BPJS dapat terwujud,” harapnya

Lanjutnya, pengguna fasilitas Cath lab teramai di kota saat ini. Sebab RS. Muhammad Hoesin  masih terbatas fasilitas ruangan. Sementara di RSI Siti Khadijah sudah gedung tersendiri terpisah dari fasilitas lainnya. Jadi ia berharap dukungan dari pemerintah seperti Dinas Kesehatan untuk mensupport serta menjalin kerjasama dengan BPJS dan asuransi lainnya.

“Kami terus meningkatkan pelayanan, dari ahli jantung sampai dokter jantung sudah memadai. Kami mendorong pelayanan ramah kepada pasien, dan kami akan terus mengevaluasi pelayanan kepada pasien. Kita juga terus meningkatkan pelayanan yang islami, fasilitas juga terus kita perbarui guna menunjang kinerja agar terus meningkat,” tutupnya.