Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gara-gara melawan saat akan ditangkap, Budi Nawan (28) spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di dalam area Jakabaring Sport City (JSC) akhirnya keok diterjang timah panas petugas kepolisian. 

Ia ditangkap di kediamannya yang berada di Perumahan Ogan Permata Indah (OPI), Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan SU I Palembang. Selain tersangka, petugas juga mengamankan satu unit sepeda motor Honda Beat nopol BG 3143 JAC.

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara melalui Kanit Ranmor Iptu Mardanus mengungkapkan penangkapan tersangka berawal dari laporan para korban yang sering kehilangan sepeda motor ketika berkunjung ke JSC.

“Setelah dilakukan penyelidikan kita berhasil mengamankan satu tersangka berinisial B. Ketika beraksi dia ini, bersama satu orang rekannya yang buron. Saat ini kita masih melakukan pengejaran terhadap temannya itu,” ujar Mardanus.

Dirinya menyebutkan, tersangka terpaksa diberikan tindakan tegas karena melawan saat ditangkap petugas. “Atas ulahnya tersangka akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan diatas lima tahun penjara,” tuturnya.

Sementara itu, tersangka Budi mengakui perbuatannya. Ia menyebutkan sepeda motor korban dijualnya kepada seseorang yang tinggal di kawasan Jalan Panca Usaha, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan SU I Palembang, seharga Rp2,5 juta.

“Teman saya yang jualkannya, saya hanya mendapatkan bagian sebesar Rp500 ribu. Terpaksa pak ikut dengannya, karena tidak mempunyai pekerjaan dan butuh uang untuk makan. Saya hanya menunggu di motor, dia yang metiknya,” ujar Budi.