Detak-Palembang.Com PALEMBANG – ConocoPhillips Indonesia perusahaan asal Amerika Serikat yang mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1967 mendapatkan kontrak mengelola blok koridor. Untuk di Sumatera Selatan sendiri ConocoPhillips mulai beroperasi tahun 1983 mengelola lahan seluas 911 mil persegi.

Dikatakan Diarmila Sutedja, Manager Communications ConocoPhillips bahwa di Sumsel perusahaannya mengelola di daerah Grissik, Suban, Gelam, Dayu untuk Gas Bumi sedangkan daerah Suban Baru dan Rawa untuk Minyak Bumi.

“Visi perusahaan kami adalah Menjadi Mitra Pilihan di Indonesia. Namun, kami tidak hanya berbisnis tapi juga memperhatikan masyarakat sekitar dengan program Tanggung Jawab Sosial (TJS),” jelas Diarmila dalam kegiatan Halal Bi Halal, ConocoPhillips dengan awak media, di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (19/07).

Lanjutnya, kegiatan utama adalah operasional global dengan memberdayakan masyarakat ekonomi lokal agar kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

“Selain itu kami juga meningkatkan pendidikan masyarakat sekitar dengan memberikan beasiswa baik untuk siswa dan mahasiswa. Agar program yang telah kami lakukan diketahui masyarakat maka kami bersinergi dengan media. Banyak yang sudah kami lakukan bagi masyarakat bersama media ,” katanya.

Sementara itu Mohammad Agus, Manager Senior Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Minyak dan Gas (SKK Migas) Perwakilan Sumsel mengatakan ConocoPhillips sudah bersinergi dengan media.

“Segala program ConocoPhillips sudah diberitakan oleh media dengan baik. Terutama pada CSR yang menjadi Fokus. Saya minta ConocoPhillips mendokumentasikan program-program yang telah dilakukan agar dilihat masyarakat luas,” ujarnya.

Ia mengatakan program ConocoPhillips tidak hanya meningkatkan produksi atau lifting tetapi untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Karena minyak dan gas bumi akan habis maka ketika ConocoPhillips pergi maka ekonomi masyarakat juga akan habis. Tugas ConocoPhillips setelah operasi selesai, masyarakat ekonominya juga tidak selesai, jadi ada kemandirian masyarakat,” tutupnya.