Detak-Palembang.com JAKARTA – Asian Games 2018 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, dalam upacara pembukaan (opening ceremony) yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Agustus 2018. 

Berhiaskan panggung megah dan koreogeafi serta musik yang apik, opening ceremony itu disebut-sebut menelan dana sebesar 50 juta dollar atau sekitar Rp 759 miliar.

Aksi Teatrikal

Aksi teatrikal Presiden Joko Widodo yang mengendarai motor Yamaha FZ1 milik Pasukan Pengamanan Presiden untuk tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno mencuri perhatian di awal-awal acara. Dia mengenakan helm hitam dan tetap berjas formal saat naik motor.

Dalam upacara pembukaan ini, kedatangan Jokowi dikemas dengan nuansa menegangkan. Jokowi berangkat dari Istana Bogor, Jawa Barat dengan menggunakan mobil dinas kepresidenan lengkap dengan pengawalan dari Paspampres.

Namun iring-iringan Jokowi terjebak kemacetan lantaran jalanan dipenuhi warga yang berbondong-bondong menuju GBK. Demi menerobos kerumunan warga, Jokowi memutuskan menaiki motor Paspampres dan beraksi dengan melompatinya memanfaatkan lintasan menanjak yang ada di sebuah kendaran.

Saat asyik meliuk-liuk di gang kecil sebuah Bajaj melintas dari arah berlawanan. Untuk menghindari tabrakan, Jokowi menarik rem hingga membuat motornya sempat berdiri hanya dengan roda depan seperti adegan film action.

Seusai menghindari kendaraan roda tiga itu, Jokowi melanjutkan perjalanannya melewati komplek perumahan hingga terhenti kembali di depan sekolah untuk mempersilakan anak sekolah menyeberang.

Perjalanan Jokowi berlanjut hingga tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk membuka secara resmi Asian Games 2018.

Aksi Via Vallen

Pedangdut Tanah Air, Via Vallen yang turut memeriahkan acara pembukaan Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Via tampil setelah acara defile kontingen negara-negara peserta dan pidato pembukaan dari Presiden Joko Widodo.

Pada acara opening ceremony ini, Via menyanyikan lagu ‘Meraih Bintang’ sebagai Official Theme Song Asian Games 2018 yang membuat Presiden Jokowi ikut berjoget dan membuah penenton heboh.

Tampak Via mengenakan pakaian bernuansa putih dengan rambut yang dikuncir ke belakang.

Beragam Pujian

Media asal China, Xinhua juga mencuit aksi ketika Jokowi tiba dengan moge hitamnya di Stadion GBK. Aksi Jokowi disebut sebagai aksi yang keren.

“Cool! Indonesian President @jokowi riding a motorcycle into the spectacular opening ceremony of #AsianGames2018 (Keren! Presiden Indonesia @jokowi naik motor ke pembukaan spektakuler Asian Games 2018),” tulis Xinhua Sports (@XHSports).

Fakta Lain

Fakta yang terungkap, pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18 itu hanya menyedot dana 52 juta dollar AS atau sekitar Rp 759 miliar rupiah. Jumlah ini hampir sepuluh kali lebih kecil dibanding upacara pembukaan Olimpiade musim dingin di Sochi tahun 2014 yang menghabiskan 500 juta dolar.

“Jumlah ini tergolong kecil karena untuk pembukaan dan penutupan. Perbandingannya misal dengan Olimpiade Sochi yang menghabiskan 500 juta dolar,” kata Deputi II Games Administration, Francis Wanandi.

Direktur Kreatif Wishnutama menambahkan, anggaran pembukaan Asian Games 2018 juga jauh lebih kecil dari Asian Indoor Martial Arts 2017 di Turkmenistan.

“Justru dengan dana yang tidak besar, kami terpicu untuk lebih kreatif,” kata Wishnutama. (dari berbagai sumber)