Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ketua Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Masika ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Sumsel, Nur Hasanah Akmal mengukuhkan kepengurusan Masika-ICMI Kota Palembang,  Berdasarkan Surat Keputusan Orwil Sumsel Nomor 001/SK/PW/Masica-Icmi.07/III/2017.

Duduk sebagai Ketua Masika ICMI Kota Palembang yang dilantik  Donny Meilano untuk masa jabatan periode 2017-2019, didampingi  sekitar 43 Pengurus (Masika-ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Palembang.

Ketua Masica-Icmi Orwil Sumsel,  Nur Hasanah Akmal mengatakan saat sambutan, ICMI telah berusia 25 tahun yang selalu digandeng ICMI yang merupakan badan otonom dari ICMI yang bertugas mewadahi cendikiawan muda dengan kategori usia dibawah 40 tahun. Diharapkan kepengurusan sekarang dapat lebih memajukan organisasi kepemudaan yang sudah unggul.

“Anggota Masika ICMI otomatis menjadi anggota ICMI. Umumnya yang ada dikepengurusan Masika ICMI merupakan kader-kader unggul dari beberapa organisasi kepemudaan yang sudah unggul, semoga dapat lebih memajukan organisasi yang sudah unggul ini,” harap Nunung sapaan akrab sehari-hari Kamis, (30/3).

Ia menambahkan, Masika-ICMI merupakan gerakan besar sebagai tonggak sejarah umat islam dan kemandirian umat. Tantangan selanjutnya adalah melakukan keberpihakan kepada masyarakat yang tengah mengalami kemunduran pendidikan, keterbakangan ekonomi dan ketertinggalan teknologi.

“Masika sebagai lembaga pengkajian memajukan masyarakat dan dapat diwujudkan menjadi karya nyata, tidak hanya wacana. Saya akan Memberikan tantangan 100 hari kerja kepada rekan-rekan yang dilantik agar sudah bisa mengeksiskan diri di Unsri, kembali mensinergikan program dari Masika ICMI sebagai lembaga kajian agar Masika dapat berbasis di Kampus, komunitas dan masyarakat,” inginnya.

Sementara, Donny Meilano mengharapkan agar para pengurus dapat bersinergi sehingga tumbuh menjadi pemuda yang bangkit, luar biasa dan ciri khas pemuda Palembang Darrussalam kembali hadir.

“Untuk para pengurus semoga dapat berkontribusi dan mampu memberikan kemajuan di lini-lini bangsa sehingga tidak dapat dipecah belah oleh isu intoleransi, terorisme dan ketidakbhinekaan,” ujarnya.

Sementara itu Erry Gustion Ketua Bidang Organisasi dan Kepemudaan Ikatan Alumni Lemhannas (IKAL) menekankan pentingnya menjaga kerukunan umat beragama demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Pria yang akrab disapa Bowie ini juga menekankan untuk menjaga kejujuran dalam berorganisasi.

“Saya berharap kepengurusan Masika ICMi yang baru terbentuk ini menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Menjaga persatuan umat. Jangan sampai terpecah belah. Tetap menjaga kejujuran dalam berorganisasi,” ujar Lulusan Pogram Rendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke  LIV Lemhannas Republik Indonesia ini.