Detak-Palembang.com PEMBANG – Banyaknya Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang ditertibkan oleh Polisi Pamong Praja (Pol PP) menyebabkan tanggapan dari tim kapanye pasangan calon.

M Ridwan Saiman, Tim Advokasi calon Gubernur Aswari Rivai dan Irwansyah mengatakan, belum ditentukannya atau sudah ditentukannya tititk-titik APK berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk segera berkoordinasi dengan tim kampanye calon dan pemerintah setempat.

“Coba tanya kepada Pol PP yang melepas APK apakah sudah mempunyai SK KPU tentang titik-titik pemasangan APK. Kami tidak yakin KPU menyampaikan SK tersebut,” katanya di Hotel Horison Ultima Palembang, Kamis (07/03)

Lanjutnya, pelepasan APK oleh Pol PP dengan didasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali). Ia mengatakan seharusnya Pol PP tidak dapat memakai Perwali untuk melepaskan APK yang sudah ditentukan titiknya oleh KPU.

“Karena KPU adalah penyelenggara tertinggi untuk Pemilu. KPU diatur oleh Undang-Undang masa kalah dengan Perwali yang secara aturan perundang-undangan berada dibawahnya,” jelasnya.

Ia meminta Bawaslu Sumsel untuk mengadakan Rapat Koordinasi Tekhnis antara Bawaslu Sumsel, KPU Sumsel dan Pemerintah setempat. Pihaknya akan siap bekerjasama untuk itu.