Detak-Palembang.com BANDUNG – Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Timnas sepakbola Malaysia U-23 meraih kemenangan 2-1 atas Korea Selatan pada laga lanjutan Grup E cabang olahraga Asian Games 2018. Sementara Timnas U-23 Indonesia masih tertahan di peringkat ketiga klasemen Grup A setelah Palestina dan Hong Kong. Timnas U-23 Indonesia mengantongi enam poin setelah mengalahkan Laos dengan skor 3-0 di Stadion Patriot, Jumat (17/8) WIB.

Malaysia mampu unggul dua gol pada paruh pertama. Sepasang gol tim asuhan Ong Kim Swee itu disarangkan Muhammad Safawi bin Rasid pada menit ke-5 dan 45+1.

Tertinggal dua gol, timnas Korea Selatan mencoba bangkit dan memasukkan Son Heung-min pada menit ke-57. Son masuk menggantikan Kim Jung-min.

Akan tetapi, Korea Selatan hanya mampu membalas satu gol lewat aksi Hwang Ui-jo pada menit ke-87. Sampai laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan timnas Malaysia tetap bertahan.

Skuat Harimau Muda melenggang ke-16 besar cabor sepak bola Asian Games 2018. Nantinya, mereka bakal menghadapi runner-up Grup D yang saat ini dihuni Jepang.

Satu Laga Krusial

Setelah berhasil melumpuhkan Timnas Laos, langkah Timnas U-23 Indonesia masih harus menghadapi lawan-lawan tangguh menuju 16 besar.

Pada laga pamungkasnya, Indonesia akan menghadapi Hong Kong. Jika berhasil mengatasi Timnas Hongkong pada laga tersebut, dipastikan Indonesia lolos sebagai juara grup.

Andaipun seri, Indonesia masih punya peluang lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Hanya, lawan mereka akan lebih sulit pada babak 16 besar.

Jika menjadi juara Grup A, Timnas U-23 Indonesia akan berhadapan dengan salah satu tim peringkat ketiga terbaik dari Grup C, D, atau E.

Akan tetapi, jika Indonesia finis di posisi ketiga grup dan memastikan lolos ke babak 16 besar, akan berhadapan dengan juara Grup C. Saat ini, China berada di puncak klasemen Grup C, disusul Suriah dan Uni Emirat Arab.