PERAHU

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 71 Pemerintah Kota (pemkot) Palembang menggelar tradisi tahunan yakni perlombaan perahu Bidar dan perahu hias yang diadakan setiap 17 Agustus, Rabu (17/08).

“Kita hari ini melaksanakan beberapa rangakaian kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati hari ulang tahun RI, seperti hari ini kita saksikan bersama ada perlombaan Bidar, perahu hias dan Ketek tradisional,” ujar Walikota Palembang Harnojoyo.

Lanjut Harno, dalam perlombaan Bidar untuk tahun ini dikuti sebanyak sembilan peserta. Peserta tahun ini ada sembilan peserta, namun harapkan Walikota Palembang, kedepan akan lebih banyak lagi peserta  lainya seperti BUMN, BUMD, Dinas-dinas semuanya  jangan hanya sembilan ini saja.

Harnojoyo juga mengajak untuk meramaikan acara ini karena ini merupakan peradaban yang perlu kita lestarikan.

“Luar biasa hari ini ribuan masyrakat kota Palembang maupun dari luar kota Palembang yang datang kesini untuk menyaksikan perlombaan Bidar ini dan perahu hias ini.  Mudah mudahan kedepan akan kita terus lestarikan,” sambung Harno.

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini mudah mudah sungai Musi dapat terkenal dan memancarakan nuansa tersendiri bagi keparawisataan Palembang untuk lebih dikenal lebih luas lagi.