Detak-Palembang.com GANTUNG BELITUNG – Satuan tugas (Satgas) TMMD Ke-101 Kodim 0414/Belitung  menggelar lomba Gasing tingkat Sekolah Dasar Se Kec Gantung Kab Belitung Timur, (Sabtu 14/04/2018). Lomba Gasing ini merupakan bagian dari sasaran TMMD ke – 101 Tahu 2018 yang bersifat non fisik.

Perlombaan Gasing  tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan pada hari Kamis 12 April 2018 yang lalu dipusatkan di halaman Desa Batu Penyu bertujuan untuk menumbuh kembangkan kembali permainan rakyat yang sudah ditinggalkan oleh generasi muda saat ini.

Koordinator umum perlombaan Mayor Inf Trijoyo seijin Dandim Letkol Kav Eko Saptono K mengatakan bahwa “digelarnya lomba gasing ini untuk melestarikan permainan lokal yang selama ini telah lama ditinggalkan anak-anak karena di hadapkan dengan kemajuan tekhnologi, merka lebih kenal dengan Game permainan di Handphone mauoun di warnet yang bertebaran di ujung ujung kampung”

Selanjutnya bertujuan untuk “Menanamkan rasa cinta terhdap budaya lokal, budaya tradisional Belitung timur”. Serta “Mengasah keterampilan dan menumbuhkan sikap persahabatan serta sportifitas diantara peserta yang ikut meramaikan lomba gasing ini”papar Trijoyo.

Sementara dari Bapak Martadinata Guru pendmping dari SDN 12 “Saya sangat mendukung pak TNI yang telah menggelar perlombaan ini dari guru-guru sangat antusias dengan perlombaan ini karena memang ada yang juara dari Beltim ini sampai bertanding ke Bali” paparnya.

Sementara salah satu peserta ananda Ridho dan Dimas antusias mengikuti perlombaan ini “teman temanku senang dengan permainan ini karena ada sebagian dari temanku merupakan permainan baru heheh”. Ungkapnya

Yang mengikuti perlombaan gasing ini dari SD N 12 diwakili oleh ananda Ridho, Wahyu, Firli, Jumadi, Aldo dengan Guru pendampingnya Bapak Marta Winata Bapak Hajar M, dari SDN 13 diwakili  ananda Dasril, Aril dan guru Pendamping Ibu Trisni Novianti Cantika dan Bapak Dendi, adapun perwakilan dari SD N 14 ananda  Erza dan Dimas dengan guru pendamping Ibu Aryati.

Pemenang lomba gasing dalam rangka TMMD ke 101 Kodim 0414/Belitung ini direbut ananda Erza  juara I dari SDN 14 juara II direbut Dimas  perwakilan  SD 14 dan juara III direbut Ananda Ridho   SDN 12.