Ketua TP PKK Muba Susi Imelda Beni menghadiri acara lomba balita sehat dan berprestasi tingkat Kabupaten Muba di pendopoan bumi serasan serasan sekate, Kamis (02/06/2016).

Ketua TP PKK Muba Susi Imelda Beni menghadiri acara lomba balita sehat dan berprestasi tingkat Kabupaten Muba di pendopoan bumi serasan serasan sekate, Kamis (02/06/2016).

Detak-Palembang.com SEKAYU – Sekda Kabupaten Muba Drs H Sohan Majid MM mengimbau para orang tua untuk selalu menjaga, merawat dan mengawasi anak-anak khususnya para Ibu.

“Sebab masa pertumbuhan merupakan masa emas bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang, karena anak-anak merupakan generasi penerus dimasa yang akan datang,” katanya ketika membuka lomba pemilihan balita sehat dan berprestasi  tingkat Kabupaten Muba, di Sekayu, Kamis (2/6).

Anak-anak, disebutnya, merupakan generasi penerus kita dimasa yang akan datang, oleh karenanya adalah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan anak.

“Selalu melakukan pengawasan dan menjaganya, dan pantau tumbuh kembangnya dengan aktif mengikuti kegiatan posyandu dan sebagainya,” imbaunya ketika membuka lomba pemilihan balita sehat dan berprestasi  yang diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Muba di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate Sekayu.

Sekda juga mengapresiasi diadakannya perlombaan yang dimulai dari tingkat desa, dilanjutkan ke tingkat kecamatan hingga kabupaten. Peserta yang mengikuti lomba tingkat kabupaten adalah balita-balita terbaik perwakilan kecamatan se Kabupaten Muba yang akan diseleksi untuk dikirim mewakili Kabupaten Muba pada lomba balita sehat dan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Sekda juga menambahkan, setiap ada event seperti ini tentu saja harapan kita adalah untuk menang, tetapi itu bukan yang utama karena yang terpenting bagi orang tua adalah kemampuan bisa mendidik anak-anak agar tumbuh sehat, cerdas dan berprestasi.

Sementara Kepala Dinkes Muba, Dr H Taufik Rusydi MKes menyampaikan bahwa tujuan diadakannya lomba balita sehat dan berprestasi adalah untuk menciptakan sumber daya insani yang berkualitas melalui pembinaan dan pengembangan kesehatan dan tumbuh kembang balita sedini mungkin seiring mewujudkan Yakin Permata Muba 2017.

Meningkatkan partisipasi orang tua balita dalam upaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam membina dan meningkatkan tumbuh kembang balita agar tubuh tumbuh secara optimal.

“Bagi balita yang terpilih sebagai pemenang akan diikutsertakan di perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Lomba balita sehat dan berprestasi ini terbagi dalam dua kategori yaitu, usia 6 hingga 24 bulan diikuti 27 peserta dan usia 2 hingga 5 tahun diikuti 26 peserta, yang berasal dari 28 Puskesmas di 14 Kecamatan dalam Kabupaten Muba, adapun hadiah yang disiapkan berupa uang pembinaan, trophy dan hadiah tas bagi anak-anak,” ujarnya.

Hadir mengikuti acara pembukaan lomba balita sehat dan berprestasi, Staf Ahli Keuangan, H Zainal Arifin, Ketua TP PKK Muba Susi Imelda Beni, Perwakilan Bhayangkari Muba dan segenap jajaran SKPD dan FKPD Muba beserta para orang tua peserta lomba.