Detak-Palembang.com BRIGHTON – Liverpool berhasil merangkak ke posisi empat klasemen Liga Primer Inggris usai memetik kemenangan 5-1 atas tuan rumah Brighton & Hove Albion di Stadion American Express, Sabtu (2/12) malam.

Dua gol Robert Firmino, satu dari Emre Can dan Philippe Coutinho, serta gol bunuh diri Lewis Dunk hanya bisa dibalas Brighton lewat penalti Glenn Murray.

Kemenangan itu sekaligus membawa Liverpool naik satu peringkat ke posisi empat dengan raihan 29 poin menggusur Arsenal yang baru akan bertanding dengan Manchester United dini hari nanti.

Sementara bagi the Seagulls ini merupakan kekalahan ke enam mereka dengan tiga pertandingan terakhir tanpa meraih kemenangan. Pasukan Chris Hughton pun harus tercecer di urutan ke-11 dengan perolehan nilai 17, terpaut tujuh angka dari zona degradasi.

The Anfield Gank langsung menyerang lini pertahanan Brighton pada menit awal. Namun tendangan kaki kiri Mohamed Salah belum menemui sasaran. Tiga menit berselang, Liverpool kembali membuat peluang, namun lagi-lagi tendangan penyerang asal Mesir belum membuahkan hasil. Giliran Roberto Firmino mencoba peruntungannya, sayang sundulannya memanfaatkan umpan Coutinho masih terlalu tinggi di atas mistar gawang the Seagulls.

Selanjutnya kedua tim bergantian menyerang. Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu lahir pada menit ke-30, gelandang Liverpool Emre Can mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan tendangan pojok Coutinho. Liverpool sementara unggul 1-0 atas Brighton.

Tak lama berselang, the Reds kembali mencetak gol dan menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Tiga pemain terlibat dalam proses gol ini. Mohamed Salah yang memulai serangan balik, mengirim bola ke Coutinho di sisi lapangan. Selanjutnya Coutinho mengirimkan bola silang ke kotak penalti di mana Firmino sudah siap menunggu. Tanpa ampun Firmino mengarahkan bola dengan keras ke gawang Brighton.

Beberapa menit jelang turun minum, giliran pemain yang sudah mencatat dua assist, Coutinho, mengancam gawang Brighton. Namun tendangannya masih bisa diamankan penjaga gawang Brighton. Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan, Liverpool masih unggul dengan skor 2-0.

Merseyside Merah kembali dominan pada babak kedua. Baru tiga menit pertandingan berjalan, Si Merah mampu mencetak gol ketiga. Lagi-lagai penyerang asal Brasil Firmino kembali mencatatkan namanya di papan skor, memanfaatkan assist Mohamed Salah.

Tiga menit berselang usai gol ketiga Liverpool, tuan rumah Brighton mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-3. Brighton mendapat hadiah penalti usai Emre Can melakukan pelanggaran di kotak penalti. Glenn Murray mampu menuntaskan tendangan penalti dengan baik.

Coutinho benar-benar menjadi bintang pada laga ini. Usai mencatat dua assist, pemain yang digadang-gadang bakal meninggalkan Anfield akhir musim nanti ikut mencatatkan nama di papan skor sebagai pencetak gol pada menit ke-87. Tendangan bebas menyusur tanah dari bawah pagar pemain, merobek jala Brighton untuk keempat kalinya.

Tuan rumah benar-benar hancur lebur di kandang sendiri. Mereka kembali kebobolan pada menit ke-90 akibat gol bunuh diri Lewis Dunk, bek tengah tersebut melakukan kesalahan dengan menyundul bola ke arah gawang sendiri.