Detak-Pembang.Com PALEMBANG – Sub Main Pers Center (SMPC) akan difungsikan sebagai  Sub International Broadcaster Center bagi seluruh awak media yang akan bertugas dalam pelaksanaan Asian Games 2018.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Sumsel, Dr. lnanda Karina Astari Fatma S,Si,.M.Si. mengatakan, akan ada 1000 awak media akan meliput terdiri dari awak media internasional, nasional maupun lokal.

“Semua aktivitas media akan terpusat di media center ini, harapannya seluruh fasilitas utama atau pendukung siap mendukung awak media,” harapnya saat menerima Sekda di Gedung SMPC, Rabu (08/08).

Disampaikannya, ada dua hal yang sangat penting untuk menunjang media center yakni internet dan suplai listrik. Listrik merupakan hal yang sangat penting karena akan banyak alat alat elektronik yang digunakan oleh awak media seperti televisi, komputer, printer dan lainnya yang.membutuhkan suplai listrik

“PLN sudah menyiapkan peralatan listrik seperti Genset dan UPS yang diharapkan tidak terjadi pemadaman listrik. Beberapa hari lalu sudah kita uji cobakan, namun karena peralatan elektronik baru 50 persen terpasang maka pada tanggal 10 setelah semua alat alat elektronik terpasang akan kita uji cobakan lagi,” terangnya.

Dengan uji coba itu pihaknya akan mengetahui berapa kebutuhan maksimum dari gedung media center. Dirinya dan Inasgoc memprediksi kebutuhan listrik akan tercukupi oleh pasokan dari PLN.

“Selain itu kebutuhan penting lainnya adalah internet, dimana itu merupakan kebutuhan utama wartawan untuk bekerja untuk mendownload informasi, membuat berita ataupun mengupload berita kepada media masing masing,” katanya.

Di media center pihaknya telah menyiapkan 50 acces point, sehingga tidak ada kendala dalam penyediaan  internet untuk mengunduh atau mengupload. Di luar gedung media center, Kominfo bekerjasama dengan Telkom menyediakan 20 acces point di setiap venue.

“Untuk kenyamanan awak media bertugas, apalagi nanti akan bertugas sampai malam kita akan menyiapkan makan dan minum dan juga kursi relaksasi manakala mereka kelelahan dalam bertugas,” tutupnya.