Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam pembukaan Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pengelolaan sampah kementerian lingkungan hidup dan kehutanan di hotel Aryaduta, Rabu (15/3) Walikota Palembang memamaparkan progam penanganan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang diantaranya melalui program gotong royong yang dilaksanakan setiap hari minggu pagi.

Dalam paparanya Harnojoyo juga menampilkan cuplikan video aktivitas gotong royong bersama masyarakat dan aksi operasi semut bersama anak-anak sekolah.

Harnojoyo mengungkapkan sampah menjadi salah satu masalah yang sangat besar di Indonesia,  maka dari itu pengelolaan sampah harus menjadi perhatian serius, “Dalam penanganan sampah kami melibatkan masyarakat secara langsung dengan gerakan gotong royong yang rutin kami jalani di semua kelurahan setiap hari minggu pagi,  hasilnya luar biasa,  banyak sungai di Kota Palembang menjadi bersih, dan yang paling penting gotong royong ini menyentuh masyarakat dan dengan demikian keaadaran masyarakat akan semakin tumbuh terkait kebersihan,” ungkap Harnojoyo.

Paparan Harnojoyo ini mendapat apresiasi yang cukup besar dari seluruh peserta rakornas yang hadir,  bahkan Dirjen pengelolaan sampah dan limbah Kementerian Lingkungan Hidup RI Ir. Tuti Hendrawati dalam sambutannya secara khusus memberikan pujian terhadap program gotong royong ini.

“Luar biasa apa yang dilakukan pak walikota Palembang dan jajarannya dalam menggerakkan gotong royong ini,  beliau berhasil mengembalikan identitas bangsa ini,  dan saya lihat banyak sekali manfaatnya,  selain menghemat anggaran, lingkungan dan sungai-sungai di Palembang menjadi bersih,  layak dicontoh,  saya harapkan semua kepala daerah bisa mencontoh aa yang di lakukan di Palembang,” ujar Tuti Hendrawati.

Pembukaan Rakornas pengelolaan sampah juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki,  Direktur pengelolaan sampah KLH selaku ketua pelaksana R Sudirman, dan para peserta yang terdiri dari kepala Dinas LibgkungaN Hidup dan kebersihan, duta lingkungan hidup,  pelaku pengelolaan dan bank sampah dari seluruh Indonesia.

Rakornas berlangsung dari tanggal 15-17 Maret 2017. Pada hari terkhir Rakornas,  seluruh peserta akan diajak mengikuti kegiatan unggulan Pemerintah Kota Palembang yaitu Sholat Subuh berjamaah dab gotong royong bersama.  Sholat subuh berjamaah akan dilaksanakan di Masjid Taqwa Palembang dan gotong royong akan dilaksanakan di sepanjang jalan kapten Rivai.