Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Sosialisasi Pemilu untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di Dar es Salaam, Tanzania, pada hari Sabtu (09/02) kemarin.

Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara KPU RI, Kementerian Luar Negeri, dan Kedutaan Besar RI Dar es Salaam, serta juga menjadi pembuka untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) kawasan Afrika yang diselenggarakan pada tanggal 9-12 Februari 2019.

“Pemilu merupakan bukti pengakuan atas keberadaan seorang WNI meskipun sedang berada di luar negeri, salah satunya dengan diberikan hak pilih. Bimtek dan sosialisasi di Dar es Salaam merupakan pusat dari seluruh sosialisasi untuk kawasan Afrika,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan diikuti oleh PPLN dari 11 Perwakilan RI di Afrika yakni Antananarivo, Abuja, Addis Ababa, Pretoria, Cape Town, Dakar, Windhoek, Harare, Maputo, Nairobi, dan Dar es Salaam,  yang secara total mencakup 42 negara akreditasi, serta para WNI di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam.

“Kegiatan ini merupakan upaya KPU RI untuk menjangkau WNI yang berada di luar negeri guna memastikan bahwa hak pilih masyarakat tetap terlindungi dan dapat digunakan meskipun berada jauh dari tanah air, menjelang akan diselenggarakannya Pemilihan Umum pada bulan April 2019,” ungkapnya.

Kegiatan bimtek dan sosialisasi dibuka oleh Duta Besar RI Dar es Salaam, Prof. Dr. Ratlan Pardede selaku tuan rumah. Disampaikan Dubes untuk Dar es Salaam bahwa kegiatan tersebut dapat berkontribusi untuk terlaksananya pemilu yang berkualitas dan menghasilkan pemimpin bangsa terbaik.

“Ini adalah tugas bersama, bukan hanya tugas KPU, untuk mensukseskan Pemilu 2019 untuk menjadi LUBER dan JURDIL,” kata Ratlan Pardede.