Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang memprediksikan peningkatan anggaran biaya dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palembang pada tahun 2018 mendatang menjadi 60 Milyar Rupiah. Hal ini meningkat dari Pilkada 2013 lalu yang memakan anggaran 40 milyar.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Palembang Abdul Karim Nasution di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Jalan Kapten Marzuki Kamboja, Selasa (21/03).

Akan diikuti 8 pasangan calon yang telah diajukan anggarannya melalui APBD Kota Palembang sebesar 60 Milyar.

Peningkatan ini disebabkan antara lain bertambahnya jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mempengarui jumlah kertas suara dan penambahan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan biaya soasialisasi.

“Pemekaran kecamatan di Palembang juga mengakibatkan bertambahnya jumlah Petugas Pemilihan, mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungatan Suara (PPS) tingkat Kelurahan hingga Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” Jelas Abdul Karim Nasution.

Selain itu, lanjut Karim Pilkada 2018 mendatang kemungkinan akan diikuti oleh delapan pasang Calon Walikota Palembang.

“Pelaksanaan Pilkada Kota Palembang tahun 2018 mendatang kemungkinan diikuti 8 pasangan calon, KPU Kota Palembang telah mempersiapkan rencana pengajuan anggaran melalui APBD Kota Palembang sebesar 60 Milyar,” ungkap Karim.

Dikatakan Karim, pengajuan anggaran persiapan pilkada yang kemungkinan akan ikuti 8 pasangan calon, hal ini didasari dari jumlah partai politik yang duduk di DPRD Kota yang memiliki 50 kursi dan 3 pasangan dari Independen.

“Angka 8 pasangan calon yang kita prediksi akan meramaikan Pilkada Kota Palembang, karena kursi parpol di DPRD Kota mempunyai 50 kursi jadi kemungkinan maksimal 5 pasangan calon, dan 3 nya dari Independen,” tambahnya

Ia melanjutkan, rencana pengajuan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Kota Palembang tahun 2018 ditambah dari sebelumnya (tahun 2013) diajukan untuk 7 pasangan calon sebesar 40 Milyar.

“Sebelumnya pada tahun 2013 pengajuan anggaran untuk 7 pasangan calon sebesar 40 Milyar, Tahun 2018 ini ditambah jadi untuk 8 pasangan calon,” singkatnya.

Untuk Data Pemilih Tetap (DPT) pihak KPU Kota juga memprediksi akan bertambah tapi belum dapat angka pasti DPT nya berapa dan kedepan akan kita sosialisasikan kepada masyarakat. Periode lalu DPT kota Palembang berkisar di 1,2 juta Pemilih.