Detak-Palembang.com PALEMBANG – Lelang terhadap barang sitaan pajak dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sekayu dan KPP Pratama Baturaja di bawah Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari Rabu 29 Maret 2017 kemarin.

Dikatakan M. Ismiransyah Kakanwil DJP Sumsel dan Babel bahwa lelang sebagai tindak lanjut dari kegiatan ‘Sita Serentak’ yang dilakukan pada bulan Februari 2017 sebagai upaya penegakan hukum pajak. Lelang dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang dilakukan lelang tertutup (Closed Bidding).

“Berdasarkan UU Nomor 19 tahun 2000 tentang penagihannpajak dengan surat paksa salah satu tahap penagihan aktif. Lelang dilakukan d8 muka umum dimana penawar harga dapat dilakukan secara lisan maupun tertulis,” jelasnya.

Lanjutnya, dari KPP Pratama Sekayu dilelang dua unit kendaraan roda dua, sementara dari KPP Baturaja dilelang satu unit kendaraan roda empat.

“Kami.akan terus melakukan kegiatan penegakan hukum untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat wajib pajak. Dengan kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat pada akhirnya memberikan kontribusi terhadap penerimaan pajak,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan kepada pengusaha orang pribadi dan badan yang mempunyai NPWP untuk melaporkan SPT tahunan. Dengan semakin membaiknya perekonomian diimbau untuk meningkatkan pembayaran pajak.