Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kota Palembang yang dikenal dengan Palembang Darussallam membukukan catatan sebagai pemegang rekor pembaca Alqur’an terbanyak. Pemecahan Rekor Muri Pembaca Al-Quran terbanyak serentak dengan melibatkan 500 Qori dan Qori’ah sekota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (12/03).

Acara yang dilangsung sebagai tambahan acara dalam pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Palembang dan Launching Sholat Subuh ini Berjamaah dihadiri ribuan warga kota Palembang dari berbagai pelosok.

Penghargaan rekor MURI diserahkan langsung oleh Marketing Manager MURI, Andre Purwandono manager Muri kepada Walikota Palembang Harnojoyo didampingi Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dihadapan ribuan warga Palembang.

Andre menjelasakan, Kegiatan pembaca Alqur’an terbanyak belum pernah ada, apalagi sampai melibatkan 500 Qori dan Qori’ah secara serentak di tempat yang sama.

“Luar biasa kota Palembang berhasil melaksanakan pembacaan ayat suci Alqur’an serentak oleh 500 Qori dan Qori’ah. Kita sudah verifikasi peserta semua memenuhi syarat,” jela Andre.

Walikota Palembang, Harnojoyo menjelaskan pemecahan rekor MURI ini merupakan penghargaan terhadap Qori dan Qori’ah yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mencintai Alqur’an dan prestasi kota Palembang karena merai Juara Umum MTQ tingkat Provinsi Sumsel.

“Ini apresiasi pemerintah Kota Palembang terhadap Qori dan Qoriah, juga rasa terimah kasih pemerintah Kota Palembang atas prestasi yang diraih sebagai juara Umum MTQ tingakt Provinsi,” jelas Harnojoyo.

Dengan kegiatan ini Walikota Palembang berharap, Alqur’an selalu menjadi imam, pedoman, tuntunan dan pemersatu umat Islam di kota Palembang, sehingga Palembang Darussallam benar-benar terwujud.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kita selalu membawa dan menjadikan Alqur’an sebagai imam dan membawa Alqur’an dalam setiap kegiatan,” tutupnya