Detak-Palembang.com
JAMBI – Pembalakan liar kembali terjadi wilayah Korem 042/Gapu, kali ini terjadi di Desa Puding, Kumpeh ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Ribuan batang kayu aneka jenis ini berhasil diamankan oleh tim intel Korem 042/Gapu Jambi berkerja sama dengan tim dinas kehutanan Provinsi Jambi.

Setelah mengetuhui adanya Penangkapan ilegal logging Komandan Korem 042/Gapu Kolonel inf Refrizal di Dampingi Kasi intel, Kasiter, Pasi Intel. Kapenrem 042/Gapu serta Dinas Kehutanan Provinsi Jambi meninjau langsung ke lokasi.

Menurut Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal yang diwawancarai oleh awak media Jambi menyampaikan terungkapnya temuan Ratusan Kubik Kayu ileggal ini bermula dari informasi dari pemilik Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT Pesona Belantara dan dari masyarakat sekitar yang mencurigakan atas adanya aksi pembalakan liar yang sudah berlangsung sejak bulan lalu. Selanjutnya mereka melaporkan kepada petugas intel Korem bersama petugas gabungan, yakni tim kajati Jambi dan dinas kehutanan Provinsi Jambi melakukan penyelidikan dikawasan tersebut.

Jarak yang jauh, aliran sungai yang meluap di beberapa titik menuju area TKP tidak mebuat petugas surut. Saat petugas melakukan pengerbekan, sejumlah pelaku pembalakan liar berhasil kabur ke kawasan hutan.

Petugas yang memeriksa area TKP menemukan ribuan batang kayu berbagai jenis terhampar ditepi parit. Setelah dicek dan dihitung teliti petugas terdapat sekita 3.491 batang kayu aneka jenis.

Danrem juga menyampaikan, “Aksi ileggal logging memang dilarang keras terutama di Jambi selain bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan juga bisa menyembabkan bencana banjir,“ ujar Danrem.

Masih ditempat Lokasi Penangkapan Kayu dilakukan Penandatanganan temuan Kayu ilegal Dari Danrem 042/Gapu Kepada Dinas Kehutan Provinsi Jambi yang diwakili oleh Kabid Perlindungan dan Pelestarian Hutan Provinsi Jambi. Rencananya ribuan batang kayu ini akan dikoordinasikan dengan dinas kehutan provinsi Jambi agar bisa ditindak lanjuti.