Detak-Palembang.com BENGKULU – Bertempat digedung Balai Prajurit Gamas, Korem 041/Garuda Emas, Jumat (5/1) menggelar acara syukuran dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Kodam II/Sriwijaya tahun 2018. 

Dalam sambutan Pangdam II/Swj pada acara Syukuran HUT ke-72 Kodam II/Swj Tahun 2018 yang dibacakan Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Irnando Arnold B. Sinaga mengatakan mengawali sambutan ini, marilah tiada hentinya kita persembahkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita semua dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka syukuran peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kodam II/Swj, yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2018, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Sehubungan dengan Hari Ulang Tahun tersebut, selaku Pangdam II/Swj, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun dan Selamat Berbahagia kepada segenap prajurit dan warga Kodam II/Swj dimanapun berada dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan tugas, peran dan pengabdiannya selama ini.

Semoga peringatan Hari Ulang Tahun ini, menjadi momentum untuk melakukan refleksi, introspeksi dan mawas diri atas pelaksanaan tugas kita setahun lalu, sekaligus sebagai tonggak baru untuk membangun komitmen baru yang lebih segar guna menghadapi tugas-tugas dimasa mendatang.

Kita patut bersyukur bahwa perjalanan panjang pengabdian Kodam II/Swj yang memasuki usia ke-72 tahun, telah dapat kita lalui dengan baik, dan tentunya penuh dengan tantangan dan dinamika. Sebagai wujud ungkapan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala karunia yang dilimpahkan kepada Kodam II/Swj, Korps Wanita Angkatan Darat dan satuan jajarannya serta masyarakat di wilayah Sumbagsel, maka sudah sepatutnya pada momentum hari yang bersejarah ini kita bersyukur atas semua keberkahan yang kita terima dari Tuhan Yang Maha Kuasa.Tanpa mengurangi maknanya, acara syukuran ini sengaja kita laksanakan secara sederhana, namun tetap khidmat dan penuh rasa syukur.

Kodam II/Swj sebagai bagian integral dari TNI/TNI Angkatan Darat dan sekaligus sebagai bagian dari masyarakat Sumbagsel, tetap konsisten dan bertekad untuk terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara. Kami menyadari sepenuhnya bahwa rakyat Sumbagsel adalah ibu kandung prajurit Kodam II/Swj dan kemanunggalan dengan rakyat adalah roh pengabdian serta tulang punggung kekuatan Kodam II/Swj. Kodam II/Swj dengan masyarakat Sumbagsel, tidak terpisahkan dan tidak boleh dipisahkan.

Oleh karenanya, Kodam II/Swj ingin terus bersama-sama, bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan rakyat Sumbagsel mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian sebagaimana tema Hari Ulang Tahun ke-72 Kodam II/Swj tahun 2018 ini, yaitu, “Manunggal Dengan Rakyat, Kodam II/Swj Kuat”. Kami juga mohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Sumbagsel agar tekad pengabdian Kodam II/Swj kepada masyarakat, Bangsa dan Negara senantiasa berada pada arah yang benar.

Kami juga menyadari bahwa diusia yang ke-72 tahun ini, Kodam II/Swj belum sepenuhnya bisa memenuhi harapan masyarakat Sumbagsel. Masih ada tindakan oknum prajurit Kodam II/Swj yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Untuk itu, saya selaku Pangdam II/Swj, mewakili seluruh keluarga besar Kodam II/Swj pada kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya, atas sikap, ucapan dan perilaku yang kurang berkenan di hati masyarakat Sumbagsel.

Kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj, saya perintahkan untuk senantiasa membangun dan meningkatkan kualitas profesionalisme, disiplin, militansi dan jiwa korsa serta kemanunggalannya dengan rakyat. Pegang teguh komitmen jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional yang profesional, sehingga bersama-sama dengan rakyat akan menjadi semakin hebat dan kuat.

Melalui kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan rasa hormat, bangga dan terima kasih kepada para sesepuh dan pendahulu Kodam II/Swj, yang telah meletakkan pondasi dan pembinaan, sehingga Kodam II/Swj mampu mencapai kondisi seperti sekarang ini, seraya memanjatkan doa, kiranya para pendahulu selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ucapan yang sama juga kami sampaikan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Sumbagsel, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, insan pers dan segenap komponen lapisan masyakarat, atas kerja sama dan dukungan yang diberikan kepada satuan jajaran Kodam II/Swj, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Dirgahayu Kodam II/Sriwijaya, Patah Tumbuh Hilang Berganti.

Setelah selesai membacakan sambutan Pangdam II/Sriwijaya pada acara HUT ke-72 Kodam II/Sriwijaya Danrem 041/Gamas didampingi Isteri memberikan Potongan Tumpeng kepada Mayor Kav Joko Yunianto dan ASN Dasiyem yang tidak lama lagi Purna Tugas.

Hadir pada acara tersebut Wakapolda Bengkulu, Kepala Pengadilan Tinggi Bengkulu, Kepala Kejati Bengkulu, Para Rektor Perguruan Tinggi/ Swasta, Danlanal Bengkulu, Kasrem 041/Gamas Para Dandim Jajaran Korem 041/Gamas, Danyonif 144/JY dan Ketua Persit beserta Pengurus serta Ibu-ibu Jalasenasteri.