Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Guna membantu para petani di wilayah binaannya, dalam merubah pola pertanian dalam merubah pola pertanian yang banyak mengonsumsi pupuk berbahan kimia, sehingga para petani beralih menggunkan pupuk berbahan organik atau non kimia. 

Terkait hal tersebut, Komando Rayon Militer (Koramil) 11/Darul Imarah memberikan penyuluhan di bidang pertanian dengan mensosialisasikan cara pembuatan pupuk organik kepada petani, bertempat di halaman Makoramil 11/Darul Imarah Jalan Pekan Biluy Desa Lampeneurut Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, Kamis (09/11) Sekitar pukul 15.30 WIB.

Salah satu Babinsa Koramil yang telah menerima pembelajaran tentang pembuatan ramuan pupuk organik tersebut yakni Serka Bambang Harianto memaparkan kepada para petani beberapa jenis dan cara membuat pupuk organik.

“Ada tiga jenis pupuk organik akan dijelaskan diantarnya pembuatan ramuan organik hama (Roma), ramuan organik ternak (Roter) dan ramuan organik tanaman (Rotan),” jelasnya.

Penggunaan pupuk organik ini banyak memberi manfaat bagi para petani, karena ketiga jenis pupuk organik itu berbahankan dari buah-buahan seperti semangka, papaya, jagung, nenas dan beberapa sayur-mayur.

“Pupuk organik ini banyak memberi manfaat bagi para petani yakni dapat memberikan makanan bergizi, perlindungan lapisan ozon dan sistem air bersih,” kata Serka Bambang.

Ramuan-ramuan tersebut memiliki kegunaannya masing-masing diantaranya Roma memiliki kegunaan untuk membunuh ulat, wereng, walangsangit dan kupu kupu perusak tanaman. Kemudian Rotan untuk menyuburkan tanah yang kurang subur. Sedangkan Roter cocok untuk penggemukan sapi atau kambing.

“Setiap ramuan ini, memiliki kegunaannya masing-masing, yang sangat menguntungkan para petani kita dalam memajukan pertanian dan peternakan kita,” ujarnya.

Dengan dilakukan penyuluhan pertanian dan cara pembuatan pupuk organik ini, diharapkan dapat memaksimalkan dan meningkatkan produktivitas tanaman, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kecamatan Darul Imarah.

“Semoga apa yang telah di pelajari ini dapat bermanfaat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Darul Imarah,” pungkasnya.