Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Komando Rayon Militer (Koramil) 02/Suka Makmur menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam mempersatu umat bagi santri pondok pesantren di wilayah binaannya, dengan menggelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), bertempat di Pesantren AL-Imdad Desa Luthu Dayah Krueng Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/11). 

Materi sosialisasi Wasbang tersebut diberikan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Luthu Dayah Krueng Koramil 02/Suka Makmur Kodim 0101/BS Sersan Kepala Heri Mahyudani dengan didampingi lima orang anggotanya.

Dihadapan para santri, Babinsa Desa Luthu Dayah Krueng Serka Heri menyampaikan, sosialisasi wasbang tersebut digelar untuk memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai Kebangsaan bagi para santri pesantren di wilayah Kecamatan Suka Makmur, agar mereka mengerti dan memahami betapa pentingnya nilai-nilai tersebut dalam mempersatu umat.

“Kami rutin melakukan kegiatan sosialisasi ini di sekolah-sekolah, namun kali ini kami gelar di pesantren yang ada di wilayah binaan,” kata Serka Heri

Wasbang ini sangat perlu dilaksanakan mengingat rasa kebangsaan masyarakat saat ini, dinilai mulai memudar. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh globalisasi dan munculnya idealism etnis sempit. Jika dibiarkan, ini dapat mengakibatkan perpecahan di tubuh bangsa ini.

“Kegiatan Wasbang ini sangat penting dilakukan, sehingga Kami melaksanakan kegiatan tersebut di seluruh sekolah-sekolah, mulai dari Sekolah Dasar (SD) sederajat sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajar di seluruh wilayah binaan,” terang Serka Heri.

Para Santri sangat antusias mengikuti kegiatan Wasbang tersebut, terlihat dari raut wajahnya yang bersungguh-sungguh dan semangat mereka mendengarkan setiap materi Wasbang yang disampaikan.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena dapat menambah wawasan kami terhadap nilai-nilai kebangsaan,” ucap salah seorang Santri saat di tanya mengenai kegiatan tersebut.